PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG

UFIK ISMIAWATI, 12211183009 (2024) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (466kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar pada Materi Fluida Statis untuk Peserta Didik Kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Ufik Ismiawati, NIM. 12211183009, pembimbing Bapak M. Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : pengaruh, metode eksperimen, keterampilan proses sains, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains dan hasil belajar akibat dari metode pembelajaran yang tidak mengembangkan keterampilan proses sains dan hasil belajar, serta materi yang masih dianggap sulit khususnya materi fluida statis sehingga memerlukan keterampilan proses sains. Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti melakukan sebuah penelitian tentang pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung; (2) mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung; serta (3) mengetahui adanya pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan design penelitiannya mengunakan posttest only control. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive dengan 2 sampel yaitu kelas XI-G sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 peserta didik dan kelas XI-I sebagai kelas kontrolyang berjumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan angket observasi keterampilan proses sains. Teknik pengambilan data menggunakan hasil tes dan hasil observasi. Adapun analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung; (2) ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung; serta (3) ada pengaruh metode eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar pada materi fluida statis untuk peserta didik kelas XI di SMAN 1 Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika > Tekanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211183009 UFIK ISMIAWATI
Date Deposited: 16 May 2025 08:33
Last Modified: 16 May 2025 08:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57294

Actions (login required)

View Item View Item