RAHMA MAULIDA F, 126405212141 (2025) STRATEGI PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR BEKAS PADA USAHA CEKRIK MOTOR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Bekas pada Usaha Cekrik Motor” ini ditulis oleh Rahma Maulida F, NIM 126405212141, Program Studi Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Rizal Furqan Ramadhan, S. Kom., M.T. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan untuk menguasai perangkat digital serta internet sebagai media pemasaran bagi pelaku bisnis. Perkembangan teknologi menuntut pelaku bisnis untuk terus mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi pemasaran melalui media sosial untuk mendukung pertumbuhan usaha. Hal itu juga yang telah dilakukan oleh Cekrik Motor yang menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial Facebook sehingga dapat mempertahankan bisnisnya hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh cekrik motor, untuk mengetahui media sosial sebagai alat pemasaran dapat meningkatkan penjualan sepeda motor bekas pada usaha cekrik motor, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Cekrik Motor dalam mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran, untuk mengetahui solusi yang tepat untuk mengatasi kendala dalam mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran. Hasil dari penelitian ini adalah Cekrik Motor menerapkan strategi pemasaran digital melalui Facebook dan bauran pemasaran 7P. Media sosial terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan motor bekas pada usaha cekrik motor. Kendala yang dihadapi yaitu banyaknya pesaing dan keterbatasan kualitas konten promosi yang disebabkan perangkat pendukung kurang memadai. Solusinya adalah meningkatkan kualitas promosi dan berinvestasi pada perangkat pendukung seperti kamera berkualitas tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi pemasaran Cekrik Motor memanfaatkan media sosial, khususnya Facebook, dan bauran pemasaran sebagai pedoman. Mereka rutin mengunggah konten promosi dan menjaga interaksi dua arah dengan pelanggan. Facebook dinilai efektif karena menjangkau audiens luas dengan biaya rendah dan memungkinkan komunikasi yang lebih dekat. Kendala yang dihadapi meliputi persaingan tinggi dan keterbatasan perangkat untuk membuat konten promosi berkualitas. Solusinya, Cekrik Motor perlu menciptakan konten yang lebih kreatif, mengikuti tren, serta berinvestasi pada perangkat pendukung promosi. Kata Kunci: Media Sosial Facebook, Penjualan, Strategi Pemasaran Digital
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Media Sosial |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | 126405212141 RAHMA MAULIDA F |
Date Deposited: | 19 May 2025 08:28 |
Last Modified: | 19 May 2025 08:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57322 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |