PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR

SHERLIA FANIANSYAH, 126204212112 (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MATERI ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Sherlia Faniansyah, NIM. 126204212112, dengan pembimbing/promotor Dr. Ummu Sholihah, M,Si. Kata kunci : Discovery Learning, Quizizz, Kemampuan Berpikir Kreati Matematis, Aljabar Matematika merupakan mata pelajaran yang sering dianggap sulit karena konsepnya yang abstrak dan sistematis, sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Guided Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep secara mandiri, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Untuk mendukung efektivitas metode tersebut, diperlukan penggunaan media interaktif seperti Quizizz yang dapat meningkatkan motivasi serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Quizizz sebagai platform berbasis game edukatif memungkinkan proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan mengintegrasikan Guided Discovery Learning dan Quizizz, pembelajaran Aljabar dapat lebih optimal dalam meningkatkan pemahaman konsep serta kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discoevry Learning Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar (2) Untuk mengetahui besar Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discoevry Learning Berbantuan Quizizz Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Materi Aljabar Kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental research dengan posstest control only. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, pengambilan sampel secara acak tanpa memilih karakteristik tertentu dari populasi. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yakni uji-T dan uji cohen's d untuk menghitung besarnya pengaruh yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Guided Discovery learning berbantuan Quizizz terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi aljabar kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar. (2) Besar pengaruh model pembelajaraan Guided Discovery Learning berbantuan Quizizz terhadap bepikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 3 Srengat Blitar sebesar 1,413 atau dalam persentase (%) sebesar 91,9% dengan kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212112 SHERLIA FANIANSYAH
Date Deposited: 05 Jun 2025 01:27
Last Modified: 05 Jun 2025 01:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57692

Actions (login required)

View Item View Item