ADILLA FULKI AMALIA, 126205211004 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA COVER SONG UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS III SD/MI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (976kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (794kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Cover Song Untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas III SD/MI” ini ditulis oleh Adilla Fulki Amalia, NIM. 126205211004, dengan pembimbing Dr. Uswatun Hasanah, S.Pd.I. M.Pd. Kata Kunci: Media Cover Song, Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pengembangan media Cover Song dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang membuat siswa mudah bosan dan kurang bersemangat dalam pembelajarannya. Pembelajaran lebih menggunakan metode ceramah dan sumber belajar berupa buku saja, kondisi tersebut membuat siswa merasa bosan, siswa membutuhkan adanya media pembelajaran yang mempermudah memahami materi dan menarik minat siswa dalam bentuk gabungan audio dan visual. Pengembangan media Cover Song ini mempermudah siswa dalam memahami materi, menghafal materi, dan meningkatkan semangat belajar dengan bernyanyi saat proses pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Menjelaskan kebutuhan media Cover Song dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas III SD/MI; 2) Menjelaskan desain media Cover Song dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas III SD/MI; 3) Menjelaskan pengembangan media Cover Song dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas III SD/MI; 4) Menjelaskan implementasi media Cover Song dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas III SD/MI; 5) Menjelaskan evaluasi media Cover Song dalam pembelajaran pendidikan pancasila kelas III SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut R & D (Research and Development). Model pengembangan pembelajaran yang disusun dalam penelitian ini mengacu pada jenis pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan angket. Validasi media dilakukan kepada ahli materi dan video pembelajaran. Uji coba dilaksanakan pada guru dan siswa, yang terdiri dari uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, dan uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif untuk menguji efektivitas media Cover Song. Hasil penelitian ini adalah: (1) Dibutuhkannya media interaktif dan membantu pemahaman materi pendidikan pancasila kelas III SD/MI. (2) Pemilihan lagu anak yang sudah diketaui siswa, pembuatan lirik berbahasa sederhana dan mudah dipahami, konsep video yang berbeda-beda guna memberikan kemenarikan, dan dipilihnya gawai serta aplikasi Canva dan CapCut sebagai penunjang pengembangan media Cover Song. (3) Pengembangan media Cover Song memanfaatkan gawai sebagai perekam suara, aplikasi Canva dan CapCut untuk pengeditan video. (4) Implementasi dilakukan dengan validasi dan uji coba kepada guru serta siswa, validasi oleh ahli materi diperoleh presentase sebesar 100% termasuk kriteria Sangat Valid. Hasil validasi oleh ahli video pembelajaran diperoleh presentase sebesar 96,48% termasuk kriteria sangat valid. Hasil uji coba kepada guru diperoleh presentase sebesar 100% (sangat baik), kelompok kecil diperoleh presentase sebesar 92,85% (sangat baik), hasil uji coba kelompok besar 97,71 % (sangat baik), dan pada hasil uji coba lapangan 97,80% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi dan uji coba penelitian, bahwa media yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran. (5) Hasil dari uji coba menunjukkan media Cover Song dinilai sangat baik, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran guna menjawab kebutuhan dan tantangan yang ada dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205211004 ADILLA FULKI AMALIA |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 08:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/57933 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |