SOVIATUL AZIZAH, 126212211030 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LITERASI SAINS MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (637kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (624kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang dialami siswa salah satunya keterbatasan media pembelajaran yang digunakan dalam memahami materi koloid. Berdasarkan analisis kebutuhan, media pembelajaran yang saat ini digunakan adalah buku ajar dan LKPD, belum ada media pembelajaran yang memvisualisasikan materi dengan gambar, video, dan audio yang dikemas dalam media pembelajaran interaktif serta siswa merasa kesulitan dalam memahami materi koloid karena belum dikaitkan dengan fenomena di sekitar. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran interaktif ini memuat penerapan literasi sains dengan mengaitkan materi koloid dengan fenomena dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah : (1) Mengetahui proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains menggunakan articulate storyline pada materi koloid. (2) Mengetahui tingkat validasi media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains menggunakan articulate storyline pada materi koloid. (3) Mengetahui hasil respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains menggunakan articulate storyline pada materi koloid. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dengan tiga tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development). Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan angket kebutuhan siswa untuk mengetahui kebutuhan awal serta angket yang terdiri dari angket lembar validasi untuk menguji kelayakan produk, dan angket respon siswa untuk mengetahui penilaian siswa terhadap produk. Validator pada penelitian ini terdiri dari ahli media dan ahli materi yang dilakukan oleh dosen kimia dan guru kimia. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas XII MA Darul Huda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif deskriptif dan teknik analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah : (1) Media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains menggunakan articulate storyline pada materi koloid melalui model 3D dikembangkan dengan berbantuan microsoft word, canva, capcut, MP3 cut, articulate storyline dan website 2 APK. (2) Media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat layak oleh validator berdasarkan hasil persentase aspek materi sebesar 94 % dan hasil persentase aspek media sebesar 94%. (3) Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dapat dkategorikan sangat baik berdasarkan hasil persentase sebesar 89%. Dengan demikian, disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis literasi sains menggunakan articulate storyline dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif materi koloid.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212211030 SOVIATUL AZIZAH |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 02:01 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 02:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |