FATIMAH LATHIFATUL CHASANAH, 126204213171 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII MTsN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (815kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (328kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Fatimah Lathifatul Chasanah, NIM. 126204213171. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2025, Dosen Pembimbing Nur Cholis, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Statistika, Pemahaman Konsep Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. Kondisi tersebut menjadi dasar diperlukannya media pembelajaran interaktif yang dapat mempermudah siswa untuk memahami konsep matematika, khususnya pada materi statistika. Berkaitan dengan itu, maka media pembelajaran yang dikembangkan yaitu media pembelajaran matematika berbasis e-modul interaktif pada materi statistika. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui tingkat validitas e-modul interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. (2) Mengetahui kepraktisan penggunaan e-modul interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. (3) Mengetahui efektifitas e-modul interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi statistika kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian berupa angket yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui tingkat kelayakan produk, serta uji coba produk untuk mengukur kepraktisan dan keefektifan e-modul interaktif. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) langkah pengembangan media pembelajaran matematika berbasis e-modul interaktif pada materi statistika diawali dengan tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. (2) kevalidan media pembelajaran dari ahli materi dan ahli media memperoleh presentase sebesar 76% dan 88,67%, artinya media pembelajaran dinyatakan valid. (3) kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 88,57%, artinya media pembelajaran dinyatakan sangat praktis. (4) keefektifan menujukkan signifikansi sebesar 0,012 < 0,05, dengan rata-rata hasil nilai post-test kelas eksperimen 80,52 dan kelas kontrol 73. Dari hasil tersebut menujukkan bahwa media pembelajaran berbasis e-modul interaktif ini layak digunakan untuk pembelajaran matematika.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213171 FATIMAH LATHIFATUL CHASANAH |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 04:40 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 04:40 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |