PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA POLA DASAR KEBAYA KARTINI

NORMA DHARMA YANTI, 126204212087 (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA POLA DASAR KEBAYA KARTINI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (21MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (21MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (21MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Eksplorasi Etnomatematika pada Pola Dasar Kebaya Kartini” ini ditulis oleh Norma Dharma yanti, NIM. 126204212087, dengan pembimbing/promotor Farid Imroatus Sholihah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Pola Dasar Kebaya Kartini, Transformasi Geometri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh globalisasi yang dapat menyebabkan budaya lokal cenderung dilupakan dimasa sekarang. Generasi penerus cenderung kurang memiliki minat untuk belajar dan mewarisi budaya lokal. Pembelajaran matematika yang berorientasi pada budaya dapat menjadi salah satu cara untuk menjadikan pembelajaran matematika menjadi lebih nyata, bermakna dan relevan dengan budaya. Hal tersebut dikarenakan konsep-konsep matematika yang bersifat abstrak dan peserta didik lebih tertarik jika pelajaran matematika dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari. Adanya inovasi bahan ajar yang dapat memadukan matematika dengan budaya yang berupa berbasis eksplorasi etnomatematika pada pola dasar kebaya Kartini diharapkan mampu menjembatani kesenjangan antara konten matematika yang abstrak dengan pengalaman nyata peserta didik, serta memperkuat rasa bangga terhadap warisan budaya Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui etnomatematika yang terdapat pada pola dasar kebaya Kartini pada materi Transformasi Geometri, (2) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis eksplorasi etnomatematika pada materi Transformasi Geometri, (3) untuk mengetahui kevalidan produk, (4) untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sumbergempol. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data meliputi: analisis kevalidan produk dan analisis keefektifan produk. Penelitian ini memperoleh beberapa hasil: (1) Etnomatematika yang terdapat pada pola dasar kebaya Kartini pada materi Transformasi Geometri. Pada penerapan pola kertas ke kain, penjahit menerapkan konsep translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi. (2) Langkah-langkah pengembangan LKPD berbasis eksplorasi etnomatematika pada materi Transformasi Geometri sesuai dengan tahapan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. (3) Kevalidan produk pengembangan berdasarkan hasil validasi oleh ahli media dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 100% dan 100%, artinya produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid. (4) Keefektifan produk pengembangan berdasarkan hasil angket respon peserta didik dan respon guru memperoleh persentase sebesar 88,39% dan 100%, artinya produk yang dikembangkan dinyatakan sangat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212087 NORMA DHARMA YANTI
Date Deposited: 18 Jun 2025 00:41
Last Modified: 18 Jun 2025 00:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58174

Actions (login required)

View Item View Item