PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

NAASHIHATUL KHOIRIYAH, 126201212216 (2025) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (608kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Naashihatul Khoiriyah, NIM. 126201212216, pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M. A. Kata kunci: Metode Resitasi, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor diantaranya metode pembelajaran yang digunakan kurang beragam, peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran karena proses pembelajaran cenderung berpusat kepada guru (teacher centered), peserta didik mudah merasa jenuh dan bosan ketika proses pembelajaran berlangsung, kurangnya minat belajar peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran serta rendahnya hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik diperlukan penerapan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan materi yang disampaikan, salah satunya mnggunakan metode resitasi. Metode resitasi adalah suatu metode penyajian dimana guru memberikan tugas untuk dikerjakan secara mandiri mapun kelompok dan hasilnya harus dipertanggungjawabkan kepada guru. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan metode resitasi terhadap minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi exsperiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Sedangkan sampelnya menggunakan kelas XI-C1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 peserta didik dan kelas XI-C2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 peserta didik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu tes, angket dan dokumentasi. Teknik tes digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik angket digunakan oleh peneliti untuk memperoleh data dari minat belajar peserta didik. Teknik dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data dari sekolah terkait tentang keadaan sekolah, dan daftar nama peserta didik. Data tersebut digunakan peneliti untuk menentukan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan metode resitasi terhadap minat belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Dari hasil uji t dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 27 dapat diketahui bahwa nilai Sig. adalah 0,028 menunjukkan bahwa 0,028 < 0,05, sehingga tolak H0 dan terima Ha. Besar pengaruh metode resitasi terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar dapat dilihat dari hasil perhitungan effect size. Hasil effect size menunjukkan efek kecil yakni sebesar 0,074 atau 7,4%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa 7,4% minat belajar dipengaruhi oleh metode resitasi sedangkan 92,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. (2) Ada pengaruh yang signifikan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar. Dari hasil uji t dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 27 dapat diketahui bahwa nilai Sig. adalah 0,000 menunjukkan bahwa 0,000 < 0,05, sehingga tolak H0 dan terima Ha. Besar pengaruh metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Srengat Blitar memiliki efek besar yakni sebesar 0,576 atau 57,6%, sedangkan 42,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212216 NAASHIHATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 23 Jun 2025 05:02
Last Modified: 23 Jun 2025 05:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58196

Actions (login required)

View Item View Item