REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH REALISTIS MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X DI MA DARUL FALAH

DWI HEFI LATUL MU'MININ, 126204211019 (2025) REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH REALISTIS MATERI PERSAMAAN KUADRAT KELAS X DI MA DARUL FALAH. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Representasi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Realistis Materi Persamaan Kuadrat Kelas X di MA Darul Falah” ini ditulis oleh Dwi Hefi Latul Mu’minin, NIM.126204211019,dengan Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Representasi Matematis, Persamaan Kuadrat, Pendidikan Matematika Realistis Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan untuk menyajikan kembali suatu permasalahan kedalam bentuk yang lain untuk memudahkan dalam menemukan solusi atau penyelesaian. Proses pembelajaran yang sering terjadi, siswa cenderung hanya mengikuti Langkah-langkah guru ketika menyelesaikan masalah, sehingga berakibat pada kurang berkembangnya kemampuan representasi matematis siswa. Beberapa siswa juga mengalami putus asa saat menemukan kesulitan dalam memahami materi maupun dalam menyelesaikan masalah. Hal ini yang dapat mempengaruhi nya adalah kurangnya pemahaman mengenai penyelesaian masalah realistis dalam materi persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis tingkat tinggi pada siswa dalam menyelesaikan masalah realistis pada materi persamaan kuadrat. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis tingkat sedang pada siswa dalam menyelesaikan masalah realistis pada materi persamaan kuadrat. 3) Untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis tingkat rendah pada siswa dalam menyelesaikan masalah realistis pada materi persamaan kuadrat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian merupakan siswa kelas X MA Darul Falah yang berjumlah 6 siswa yang terdiri 2 siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi, 2 siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi mampu memenuhi indikator representasi matematis kata-kata atau teks tertulis, representasi visual, dan indikator representasi ekspresi matematis, 2) Siswa dengan kemampuan representasi matematis sedang memenuhi indikator kata-kata atau teks tertulis dan indikator representasi ekspresi matematis, 3) Siswa dengan kemampuan representasi matematis rendah memenuhi indikator representasi ekspresi matematis, belum memenuhi indikator kata-kata atau teks tertulis dan representasi visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211019 DWI HEFILATUL MU'MININ
Date Deposited: 27 Jun 2025 04:22
Last Modified: 27 Jun 2025 04:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58412

Actions (login required)

View Item View Item