PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN GAME BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK SORE TULUNGAGUNG

OLDISTA PUTRA NARITAMA, 126204213178 (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN GAME BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning dengan Game Berbantuan Wordwall terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI SMK SORE Tulungagung” ini ditulis oleh Oldista Putra Naritama, NIM. 126204213178, dengan pembimbing Nur Cholis, M.Pd. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Game, Wordwall, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Inovasi dalam bidang pendidikan sangat penting untuk mengembangkan lingkungan belajar yang lebih menarik dan sukses di era digital saat ini. Permainan adalah salah satu metode yang mulai populer, instruksi dikemas dengan komponen permainan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa. Siswa dapat belajar dengan cara yang menarik dan interaktif dengan bantuan aplikasi pendidikan seperti Wordwall. Namun, meskipun penggunaannya meluas, dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar masih belum jelas, terutama jika menyangkut materi yang agak rumit seperti matriks. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall pada motivasi belajar dalam materi matriks siswa kelas XI SMK SORE Tulungagung. 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall pada hasil belajar dalam materi matriks siswa kelas XI SMK SORE Tulungagung. 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall pada motivasi dan hasil belajar dalam materi matriks siswa kelas XI SMK SORE Tulungagung. Untuk mendeteksi fenomena tanpa mengubah variabel secara langsung, penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes, survei, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dan 75 siswa kelas XI TKJ SMK SORE Tulungagung dibagi menjadi dua kelompok. Hipotesis yang diajukan diuji menggunakan uji T dan uji MANOVA untuk menilai data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh signifikan model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall terhadap motivasi belajar siswa, (2) terdapat pengaruh signifikan model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall terhadap hasil belajar siswa, dan (3) terdapat pengaruh signifikan model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar siswa secara bersamaan. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan model guided discovery learning dengan dengan game berbantuan Wordwall tidak hanya meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, tetapi juga dapat memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mereka, terutama pada materi seperti matriks. Dengan demikian, penerapan model guided discovery learning dengan game berbantuan Wordwall dapat menjadi alternatif metode yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMK SORE Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213178 OLDISTA PUTRA NARITAMA
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:06
Last Modified: 22 Jul 2025 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58536

Actions (login required)

View Item View Item