SALMA CAHYA DEWI, 126204213179 (2025) KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII MTS MA’ARIF NU BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (566kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (686kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (425kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Dewi, Salma Cahya. 2025. Kemampuan Computational Thinking Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Pythagoras Di Kelas VIII MTs Ma’arif Nu Blitar. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Skripsi: Nur Cholis, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Computational Thinking, Masalah Matematika, Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang dituntut untuk dapat berpikir secara kompleks serta dapat berpikir komputasi dalam menghadapi abad 21. Pada kenyataannya tidak setiap siswa memiliki kemampuan Computational Thinking yang tinggi, ada yang sedang ada pula yang rendah. Kemampuan Computational Thinking merupakan kemampuan yang mendukung siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, dimana kemampuan Computational Thinking dapat membantu siswa untuk memecahkan masalah matematika dengan menyederhanakan permasalahan yang kompleks menjadi beberapa aspek yang memudahkan siswa dalam memahami dan memecahkan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan Computational Thinking siswa dengan kategori kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema Pythagoras, 2) Mendeskripsikan kemampuan Computational Thinking siswa dengan kategori kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema Pythagoras, 3) Mendeskripsikan kemampuan Computational Thinking siswa dengan kategori kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MTs Ma’arif NU Blitar yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII A yang berjumlah 21 siswa. Dari 21 siswa akan dipilih 6 siswa sebagai subjek penelitian yang dikategorikan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kemampuan Computational Thinking siswa dengan kemampuan matematika tinggi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan Computatinal Thinking, 2) Kemampuan Computational Thinking siswa dengan kemampuan matematika sedang dapat memenuhi paling banyak tiga indikator kemampuan Computatinal Thinking, 3) Kemampuan Computational Thinking siswa dengan kemampuan matematika rendah dapat memenuhi paling banyak satu indikator kemampuan Computatinal Thinking.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204213179 SALMA CAHYA DEWI |
Date Deposited: | 27 Jun 2025 05:12 |
Last Modified: | 27 Jun 2025 05:12 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |