TITIK LAILI SYUROIYAH, 126207212102 (2025) IMPLEMENTASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM MEWUJUDKAN KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI DI MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (561kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (453kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam Mewujudkan Kualitas Layanan Administrasi di MAN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Titik Laili Syuroiyah, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, NIM 126207212102 tahun 2025 dibimbing oleh Dr. H. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata kunci: implementasi, pelayanan terpadu satu pintu, kualitas layanan administrasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelayanan terpadu satu pintu dalam lembaga pendidikan merupakan suatu hal baru yang di implementasikan sekolah untuk memberikan pelayanan kepada stakeholder. Kebutuhan stakeholder untuk mendapatkan pelayanan yang mudah, sekolah sebagai lembaga pendidikan harus mampu untuk memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan ide, konsep, serta kebijakan PTSP di MAN 1 Tulungagung, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu di MAN 1 Tulungagung dalam mewujudkan kualitas layanan administrasi. (3) untuk mendeskripsikan dampak pelayanan terpadu satu pintu terhadap kualitas layanan administrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui 3 unsur yaitu person, place, paper. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Ide PTSP MAN 1 Tulungagung yaitu menginterasikan segala bentuk layanan administratif dalam satu lokasi, konsep pelayanan di PTSP MAN 1 Tulungagung yaitu integrasi layanan dalam satu tempat serta mengkolaborasikan layanan secara offline/ langsung dan layanan secara online, serta kebijakan PTSP MAN 1 Tulungagung berdasarkan pada Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 yang mengatur tentang pelayanan terpadu pada Kementrian Agama. (2) Dimensi tangible didukung dengan adanya sarana dan prasarana yang mendukung dan layanan PTSP online, dimensi reliability menunjukkan pegawai handal dalam memberikan pelayanan, dimensi responsiveness PTSP pegawai PTSP MAN 1 Tulungagung merupakan orang cepat dalam merespon pelayanan, dimensi assurance berupa jaminan pelayanan dan jaminan keamanan yang diberikan, dimensi emphaty menunjukkan pegawai PTSP membangun komunikasi yang efektif dengan pemohon layanan. (3) Dampak PTSP terhadap kualitas layanan administrasi adalah pelayanan yang dilakukan menjadi lebih efisien karena layanan terintegrasi dan adanya digitalisasi layanan, selain itu layanan menjadi cepat karena alur pelayanan menjadi jelas dan ada jangka waktu pelayanan, dan setelah adanya PTSP maka pelayanan yang dilakukan menjadi transparan karena adanya SOP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207212102 TITIK LAILI SYUROIYAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:44 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/58946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |