MANAJEMEN POTENSI WISATA UNTUK KEPUASAN PELANGGAN DI DESTINASI WISATA BLITAR PARK

FARICA APTA MICHELIA, 126407212039 (2025) MANAJEMEN POTENSI WISATA UNTUK KEPUASAN PELANGGAN DI DESTINASI WISATA BLITAR PARK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (467kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Potensi Wisata untuk Kepuasan Pelanggan di Destinasi Wisata Blitar Park” yang ditulis oleh Farica Apta Michelia, NIM. 126407212039, dengan pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Potensi Wisata, Kepuasan Pelanggan Konteks dalam penelitian ini didasari oleh Blitar Park yang hadir sebagai taman rekreasi keluarga modern yang menyuguhkan 40 wahana dan fasilitas yang menarik. Meskipun memiliki potensi wisata yang beragam, fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih terdapat berbagai permasalahan yang menghambat keberhasilan Blitar Park dalam memberikan kepuasan maksimal kepada pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen potensi wisata yang ada belum diterapkan secara menyeluruh. Dengan adanya permasalahan ini tentunya akan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui lebih dalam tentang manajemen Attractions untuk kepuasan pelanggan di destinasi wisata Blitar Park, (2) Untuk mengetahui lebih dalam tentang manajemen Accessibility untuk kepuasan pelanggan di destinasi wisata Blitar Park, (3) Untuk mengetahui lebih dalam tentang manajemen Amenities untuk kepuasan pelanggan di destinasi wisata Blitar Park, (4) Untuk mengetahui lebih dalam tentang manajemen Ancillary services untuk kepuasan pelanggan di destinasi wisata Blitar Park. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Wisata Blitar Park. Pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan 3 triangulasi (triangulasi metode, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa manajemen POAC (Planning, Organizing, Actuanting, Controlling) di Blitar Park : (1) Manajemen Attraction P (target pasar, dan pengembangan wahana baru), O (pembagian tanggung jawab staff), A (penambahan wahana baru), dan C (pengecekan rutin wahana). Daya tarik ini sudah membuat pengunjung puas; (2) Manajemen Accessibility P (melakukan analisis jalan). O (mengerahkan staff untuk mengatur titik lokasi). A (memastikan titik lokasi gps benar dan sudah dipublikasikan). C (menggunakan rating gps untuk bahan evaluasi). Aksesibilitas ini sudah meningkatkan kepuasan pengunjung; (3) Manajemen Amenities P (menetapkan standar kebersihan dan kenyamanan). O (pembagian tugas sesuai area). A (menerapkan sistem kerja yang efektif). C (dilakukan briefing rutin). Fasilitasnya sudah membuat pengunjung puas; (4) Manajemen Ancillary Service P (merancang layanan tambahan). O (membentuk tim khusus untuk bertanggung jawab di setiap layanan). A (meletakkan setiap layanan tambahan yang ada di setiap area). C (sudah melakukan briefing rutin). Pengunjung merasa aman, nyaman dan puaS

Item Type: Skripsi
Subjects: Layanan Publik
Pariwisata > Obyek Wisata
Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407212039 FARICA APTA MICHELIA
Date Deposited: 06 Jul 2025 12:00
Last Modified: 06 Jul 2025 12:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59122

Actions (login required)

View Item View Item