PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 KEDIRI

LILA MAIDA AZIZAH, 12204183276 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 9 Kediri” ini ditulis oleh Lila Maida Azizah, NIM. 12204183276,Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd. I., M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, Media Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam proses belajar. Hal ini dikarenakan guru masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dan hampir tidak menggunakan media yang tepat di mana pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Think Talk Write salah satu pembelajaran kooperatif di mana ada tiga tahap di dalamnya, yaitu tahap berpikir (think), berdiskusi (talk), dan menulis (write). Media permainan ular tangga adalah permainan anak tradisional Indoensia yang terdiri dari beberapa kotak, tangga, dan ular. Permainan ini bisa menjadi salah satu alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran karena dengan bermain siswa tidak akan bosan dan akan aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah melalu proses belajar matematika sebagai hasil pengalaman yang dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri (2) Besar pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknis analisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil yang diperoleh: (1) Ada pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. (2) Besarnya pengaruh pembelajaran Think Talk Write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri sebesar 88% termasuk kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183276 LILA MAIDA AZIZAH
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:50
Last Modified: 08 Oct 2025 03:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59283

Actions (login required)

View Item View Item