LILA MAIDA AZIZAH, 12204183276 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 9 KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (204kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 9 Kediri” ini ditulis oleh Lila Maida Azizah, NIM. 12204183276,Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Nur Cholis, S.Pd. I., M.Pd. Kata Kunci: Think Talk Write, Media Permainan Ular Tangga, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa dalam proses belajar. Hal ini dikarenakan guru masih cenderung menggunakan pembelajaran konvensional dan hampir tidak menggunakan media yang tepat di mana pembelajaran hanya berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif. Think Talk Write salah satu pembelajaran kooperatif di mana ada tiga tahap di dalamnya, yaitu tahap berpikir (think), berdiskusi (talk), dan menulis (write). Media permainan ular tangga adalah permainan anak tradisional Indoensia yang terdiri dari beberapa kotak, tangga, dan ular. Permainan ini bisa menjadi salah satu alat bantu yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran karena dengan bermain siswa tidak akan bosan dan akan aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah melalu proses belajar matematika sebagai hasil pengalaman yang dipengaruhi oleh faktor dalam diri dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri (2) Besar pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknis analisis data mengunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test. Hasil yang diperoleh: (1) Ada pengaruh pembelajaran think talk write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri. (2) Besarnya pengaruh pembelajaran Think Talk Write berbantuan media permainan ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 9 Kediri sebesar 88% termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204183276 LILA MAIDA AZIZAH |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 03:50 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 03:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |