EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA DESTINASI WISATA SUMUR AMBER DI DESA KANDANGAN KECAMATAN SRENGAT UNTUK MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA

SYA'BAN HAMDANI, 126204212123 (2025) EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA DESTINASI WISATA SUMUR AMBER DI DESA KANDANGAN KECAMATAN SRENGAT UNTUK MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Eksplorasi Etnomatematika Pada Destinasi Wisata Sumur Amber Untuk Mengungkap Konsep Matematika dan Nilai Filosofi” ini ditulis oleh Sya’ban Hamdani, NIM. 126204212123, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Musrikah, M. Pd. Kata Kunci : Etnomatematika, Matematika, Budaya, Wisata Sumur Amber. Dilatarbelakangi karena banyak siswa yang memilih untuk menghindar dari pelajaran matematika, padahal matematika merupakan salah satu bidang studi yang peranannya sangat vital dan penting dalam dunia pendidikan. Hal yang sedemikian dapat disebabkan oleh penginterpretasian yang dinilai kurang tepat dan jauh dari kehidupan nyata. Serta menganggap bahwa konsep dari matematika itu abstrak. Oleh karena itu, dalam pembelajaran matematika perlu strategi khusus, yaitu dapat mengaitkannya dengan budaya dan kehidupan keseharian mereka, salah satunya adalah kawasan Wisata Sumur Amber. Keterkaitan tersebut dapat dijembatani dengan pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui etnomatematika yang terdapat pada destinasi Wisata Sumur Amber di Desa Kandangan (2) Untuk mengetahui konsep matematika Wisata Sumur Amber di Desa Kandangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi yang dilaksanakan di Destinasi Wisata Sumur Amber. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan ketekunan, triangulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) terdapat etnomatematika, yaitu aktivitas counting : perhitungan objek-objek vital; aktivitas measuring aktivitas designing : kesebangunan, kekongruenan, dan pola-pola geometri; aktivitas locating : penentuan lokasi yang berdasar pada koordinat dan kondisi ruang serta, penentuan arah; aktivitas explaining : narasi sejarah dari Sumur Amber. (2) terdapat konsep matematika yang digunakan, yaitu aritmatika, geometri, dan geometri transformasi. Konsep geometri, meliputi ruas garis lurus, lengkung, persegi panjang, segitiga, jajar genjang, balok, tabung, prisma segitiga, prisma trapesium. Sedangkan konsep geometri transformasi, yaitu refleksi, rotasi, translasi, dan dilatasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Etnomatematika
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204212123 SYA'BAN HAMDANI
Date Deposited: 29 Jul 2025 02:55
Last Modified: 29 Jul 2025 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59631

Available Versions of this Item

  • EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA DESTINASI WISATA SUMUR AMBER DI DESA KANDANGAN KECAMATAN SRENGAT UNTUK MENGUNGKAP KONSEP MATEMATIKA. (deposited 29 Jul 2025 02:55) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item