PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN LITERASI SAINS BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI TERMOKIMIA

LU'LU'ATUL MUNAWAROH, 126212211015 (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES KEMAMPUAN LITERASI SAINS BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI TERMOKIMIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Literasi Sains Berbasis Multipel Representasi Pada Materi Termokimia”ini ditulis oleh Lu’lu’atul Munawaroh, NIM. 126212211015, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Tes, Literasi Sains, Multipel Representasi, Termokimia Berdasarkan permasalahan yang terjadi, salah satunya yaitu siswa belum terbiasa mengerjakan soal literasi sains dan multipel representasi khususnya pada materi termokimia. Berdasarkan analisis kebutuhan, pada proses pembelajaran kimia masih menggunakan evaluasi yang langsung ke soal dan representasi secara simbolik. Belum adanya penerapan literasi sains dan multipel representasi sehingga belum terdapat alat evaluasi literasi sains berbasis multipel representasi pada materi termokimia. Oleh karenanya perlunya pengembangan instrumen tes kemampuan literasi sains berbasis multipel representasi pada materi termokimia. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menguraikan proses pengembangan instrumen tes kemampuan literasi sains siswa kelas XI berbasis multipel representasi pada materi termokimia, 2) menganalisis tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen tes kemampuan literasi sains siswa kelas XI berbasis multipel representasi pada materi termokimia, 3) menganalisis tingkat validitas dan reliabilitas instrumen tes kemampuan literasi sains siswa kelas XI berbasis multipel representasi pada materi termokimia, 4) menganalisis profil kemampuan literasi sains siswa kelas XI berbasis multipel representasi pada materi termokimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model dari Sivasailam Thiagarajan berupa 4D yang dimodifikasi 3D menjadi tiga tahapan pengembangan. Instrumen yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara, lembar angkat validasi ahli, lembar angket respon siswa, dan instrumen butir soal. Uji empiris dilakukan untuk mengetahui kepraktisan soal dan karakteristik soal berupa daya pembeda, tingkat kesukaran, validitas dan reliabilitas. Uji profil literasi sains dilakukan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kemampuan literasi sains siswa. Data yang didapatkan dilakukan analisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pengembangan instrumen tes kemampuan literasi sains berbasis multipel representasi pada materi termokimia menunjukkan bahwa 1) proses pengembangan menggunakan model 3D berupa a) Define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas, dan analisis konsep, analisis multipel representasi, dan analisis literasi sains, b) Design dilakukan penetapan bentuk instrumen, rancangan tujuan pembelajaran dan indikator soal, penyususnan kisi-kisi, perancangan instrumen yang terdiri dari pembuatan lembar pedoman wawancara, pembuatan butir soal uraian, pembuatan pedoman penskoran, pembuatan lembar angket validasi ahli, lembar angket respon siswa, c) Development terdiri dari hasil uji validasi isi atau konten, uji empiris, dan uji profil kemampuan literasi sains siswa berbasis multipel representasi pada materi termokimia. 2) Instrumen yang dikembangkan memenuhi syarat validitas konten dengan rata-rata 90,9% kriteria sangat layak; kepraktisan soal menunjukkan kriteria tinggi dengan rata-rata 76,66%; tingkat kesukaran terdapat 27% sukar, 50% sedang, dan 23% mudah; daya pembeda menghasilkan 40% baik, 20% cukup, 36% jelek, dan 6% jelek sekali. 3) Uji validitas menggunakan SPSS26 menghasilkan 18 butir soal valid dengan korelasi sedang sampai dengan kuat; Tingkat reliabilitas menghasilkan nilai 0,788 dengan kriteria tinggi, 4) Uji profil kemampuan literasi sains siswa rata-rata memiliki kriteria rendah dengan nilai 41,15% karena belum terbiasa mengerjakan soal literasi sains.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212211015 LU'LU'ATUL MUNAWAROH
Date Deposited: 18 Jul 2025 08:07
Last Modified: 18 Jul 2025 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59720

Actions (login required)

View Item View Item