SCAFFOLDING KESULITAN SISWA MELUKIS LINGKARAN DALAM DAN LINGKARAN LUAR SUATU SEGITIGA PADA MATERI GARIS SINGGUNG KELAS VIII SMP

MUHAMMAD ISHLAHUDDIN, 12204193100 (2025) SCAFFOLDING KESULITAN SISWA MELUKIS LINGKARAN DALAM DAN LINGKARAN LUAR SUATU SEGITIGA PADA MATERI GARIS SINGGUNG KELAS VIII SMP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Scaffolding Kesulitan Siswa Melukis Lingkaran Dalam dan Lingkaran Luar Suatu Segitiga pada Materi Garis Singgung Kelas VIII SMP” ini ditulis oleh Muhammad Ishlahuddin, NIM. 12204193100, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Lingkaran Dalam, Lingkaran Luar, Kesulitan Melukis, Scaffolding Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan bahwa banyak siswa kelas VIII SMP masih mengalami kesulitan saat melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga pada materi garis singgung lingkaran. Kesulitan tersebut muncul akibat kurangnya pemahaman konsep dasar seperti garis bagi dan garis sumbu, lemahnya keterampilan siswa dalam menggunakan alat bantu seperti jangka, serta peneliti menemukan bahwa scaffolding masih belum banyak dimunculkan pada siswa yang mengalami kesulitan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait scaffolding sebagai bentuk upaya meningkatkan hasil dari pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP saat melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga pada materi garis singgung lingkaran, serta untuk mendeskripsikan bentuk Scaffolding yang diberikan pada siswa yang mengalami kesulitan saat melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga pada materi garis singgung lingkaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian dan wawancara. Subjek dipilih menggunakan purposive sampling sebanyak 3 siswa. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesulitan yang dialami siswa meliputi kesulitan dalam menentukan langkah-langkah melukis, kesulitan menentukan garis bagi, kesulitan menentukan garis sumbu, kesulitan menentukan jari-jari lingkaran, serta kesulitan dalam menggunakan jangka. Sementara itu, bentuk scaffolding yang diberikan kepada siswa mencakup lima tahap, yaitu environmental provisions, explaining, reviewing, restructuring, dan developing conceptual thinking.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Bangun Datar
Matematika > Geometri
Pendidikan > Kesulitan Belajar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193100 MUHAMMAD ISHLAHUDDIN
Date Deposited: 21 Jul 2025 02:37
Last Modified: 21 Jul 2025 02:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59739

Actions (login required)

View Item View Item