KARISSON ALIFIAN AGIEL ALHAKIM, 126208203111 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI VIRUS PADA SISWA KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Virus pada siswa kelas X MA Bustanul Muta’alimin Kota Blitar” ini ditulis oleh Karisson Alifian Agiel Alhakim, NIM. 126208203111, Pembimbing Muhammad Iqbal Filayani, M.Si., Kata Kunci : Hasil Belajar, Media pembelajaran, Powerpoint interaktif, Virus Media pembelajaran berbasis teknologi, seperti PowerPoint interaktif, mendukung efektivitas pembelajaran modern dengan menyajikan materi kompleks, seperti biologi, secara menarik dan mudah dipahami. Integrasi teks, gambar, video, dan animasi dalam PowerPoint interaktif meningkatkan minat dan pemahaman siswa serta memungkinkan pembelajaran mandiri dengan penyesuaian tempo belajar sesuai kebutuhan. Penelitian menunjukkan bahwa media ini mampu meningkatkan hasil belajar pada materi yang sulit dipahami melalui metode konvensional, meskipun memerlukan fasilitas pendukung seperti listrik dan proyektor. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran Power Point interaktif untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi Virus pada siswa kelas X MA Bustanul Mutua’alimin Kota Blitar. 2) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran Power Point interaktif untuk meningkatkan hasil belajar biologi materi Virus pada siswa kelas X MA Bustanul Mutua’alimin Kota Blitar Penelitian ini menggunakan metodologi R&D (Research and Development) dengan menggunakan kerangkan kerja ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji validitas produk dalam penelitian ini adalah ahli media dan ahli materi. Kemudian untuk uji coba produk meliputi respon guru dan respon siswa serta uji coba dalam skala besar yakni uji coba hasil belajar siswa dengan subjek kelas X MA Bustanul Muta’alimin Kota Blitar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran PowerPoint interaktif pada materi virus dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi dengan persentase kelayakan media sebesar 76,69% dan kelayakan materi sebesar 80%, keduanya dalam kategori “Sangat Valid.” Respon guru menunjukkan kepraktisan media ini dengan persentase 89,8%, menandakan kemudahan penggunaannya dalam pembelajaran. 2) Keefektifan media ini terlihat dari peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata meningkat dari 52 (sebelum penggunaan media) menjadi 87 (setelah penggunaan media), serta ketuntasan belajar meningkat dari 0% menjadi 95%. Uji statistik wilcoxon juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara pretest dengan posttest
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 126208203111 KARISSON ALIFIAN AGIEL ALHAKIM |
Date Deposited: | 26 Jul 2025 00:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2025 00:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |