PENGEMBANGAN E-POSTER FISIKA BERBASIS SAINTIFIK SUB MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI KELAS X DI MAN 4 JOMBANG

LAILA ROMADONI, 126211213044 (2025) PENGEMBANGAN E-POSTER FISIKA BERBASIS SAINTIFIK SUB MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI KELAS X DI MAN 4 JOMBANG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (649kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan bagian pokok dalam proses pembelajaran sebagai pendukung modul ajar kurikulum merdeka yang ketersediannya dari pusat masih terbatas dan kurangnya variasi visualisasi bahan ajar di MAN 4 Jombang. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa e-poster fisika berbasis saintifik. Pendekatan saintifik cocok untuk pembelajaran fisika dan pendekatan saintifik sejalan dengan landasan kurikulum merdeka yang mencakup beberapa hal yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar yang berjudul “Pengembangan E-Poster Fisika Berbasis Saintifik Sub Materi Hukum Kekekalan Energi Kelas X di MAN 4 Jombang”. Penelitian ini adalah pengembangan e-poster fisika berbasis saintifik dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Untuk mengetahui bagaimana efektifitas e-poster, peneliti menggunakan desain penelitian quasi eksperimen non-equivalent group design, yaitu desain penelitian yang digunakan untuk mengetahui hubungan sebab-akibat diantara variabelnya dengan menguji dua kelompok yang berbeda yang tidak dipilih secara acak. Peneliti menggunakan instrumen berupa angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan, dan angket respon (peserta didik dan guru) serta soal tes. Analisis yang digunakan oleh peneliti adalah analisis statistik. Hasil penelitian pada uji validasi ahli media, memperoleh skor rata-rata akhir 4,46 dengan kriteria “sangat valid”. Sedangkan validasi ahli materi, memperoleh skor rata-rata akhir 4,42 dengan kriteria “sangat valid”. Uji kepraktisann menunjukkan nilai kepraktisan e-poster fisika adalah 80,16%, maka e-poster fisika dapat dinyatakan “praktis” untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji keefektifan e-poster fisika menggunakan Uji Mann-Withney U yang menunjukkan asymp.sig 0,001 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211213044 LAILA ROMADONI
Date Deposited: 24 Jul 2025 06:40
Last Modified: 24 Jul 2025 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/59990

Actions (login required)

View Item View Item