SAJIDA FIRLIANA, 126204212163 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRATEGI STHL TERINTEGRASI 4C TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PROSEDURAL MATEMATIS PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABAR KELAS XII MAN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (825kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Strategi STHL Terintegrasi 4C Terhadap Pemahaman Konseptual dan Prosedural Matematis pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Kelas XII MAN 1 Tulungagung” yang ditulis oleh Sajida Firliana, NIM.126204212163, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing : Ibu Dr. Musrikah, M.Pd. Kata kunci : strategi student team heroic leadership (STHL), keterampilan 4C, pemahaman konseptual, prosedural matematis. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan pemahaman pada konsep dasar dan prosedural matematis yang rendah. Kemampunan ini harus dimiliki peserta didik untuk menghadapi tantangan pada abad 21. Kesulitan dalam memahami konsep dapat membuat penurunan pemahaman (learning loss) bahkan peserta didik juga dapat mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan upaya untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman konseptual dan prosedural matematis dengan menggunakan strategi yang sesuai yakni strategi Student Team Heroic Leadership (STHL) terintegrasi 4C. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap pemahaman konseptual pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung.(2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap prosedural matematis pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung.(3) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap pemahaman konseptual dan prosedural matematis pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan desain eksperimen semu (Quasi Experimental Design) menggunakan posttest-only, populasinya adalah seluruh peserta kelas XII MAN 1 Tulungagung yang terdiri atas 5 kelas dari jurusan MIPA dengan jumlah 180. peserta didik.Sampel yang digunakan adalah kelas XII A22 sebagai kelas eksperimen dan XII C22 sebagai kelas kontrol. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) uji instrumen yang meliputi validitas dan reliabilitas, (2) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, serta (3) uji hipotesis menggunakan Independent t-test dan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Berdasarkan hasil analisis data dan interpretasi yang dilakukan pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap pemahaman konseptual dan prosedural matematis pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung.(2) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap prosedural matematis pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung.(3) terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif strategi STHL terintegrasi 4C terhadap pemahaman konseptual dan prosedural matematis pada materi turunan fungsi aljabar kelas XII MAN 1 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Pendidikan > Bahan Ajar Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212163 SAJIDA FIRLIANA |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:06 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |