AMBARWATI, 126407212035 and USWATUN NAFI'AH, 2008049502 (2025) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT UNTUK MENJAGA LOYALITAS JAMAAH UMRAH PT. MENARA KAMILAH TOURS AND TRAVEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (668kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (568kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (818kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (524kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Customer Relationship Management untuk Menjaga Loyalitas Jamaah Umrah PT. Menara Kamilah Tours and Travel Tulungagung ” yang di tulis oleh Ambarwati, NIM 126407212035, Progam Studi Pariwisata Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Ibu Uswatun Nafi’ah, M.M. Kata kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas, Jamaah Umrah PT. Menara Kamilah Tours and Travel Tulungagung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Customer Relationship Management (CRM) dalam menjaga loyalitas jamaah umrah di PT. Menara Kamilah Tours and Travel Tulungagung. Dalam industri jasa perjalanan ibadah, loyalitas pelanggan menjadi aset yang sangat penting untuk mempertahankan keberlangsungan usaha di tengah persaingan yang semakin ketat. CRM dipandang sebagai strategi efektif untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui pendekatan yang terstruktur dan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh data yang mendalam terkait proses penerapan CRM di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada manajer, staf pemasaran, dan jamaah umrah, dilengkapi dengan observasi langsung terhadap kegiatan pelayanan dan studi dokumentasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi CRM di PT. Menara Kamilah meliputi empat aspek utama, yaitu manajemen data pelanggan, komunikasi pelanggan, layanan purna jual, dan personalisasi. Manajemen data dilakukan dengan menyimpan dan mengelola informasi jamaah sebagai dasar pelayanan berkelanjutan dan strategi promosi. Komunikasi pelanggan dijalin secara intensif melalui media sosial dan WhatsApp untuk memberikan informasi dan menjaga kedekatan. Layanan purna jual ditunjukkan dengan tindak lanjut pasca-keberangkatan seperti penawaran program loyalitas. Sementara itu, personalisasi layanan tercermin dari pendekatan emosional serta penyesuaian layanan berdasarkan preferensi jamaah. Kendala yang dihadapi dalam implementasi CRM antara lain keterbatasan kompetensi sumber daya manusia dalam penguasaan teknologi informasi dan belum optimalnya pemanfaatan sistem informasi pelanggan secara terintegrasi. Perusahaan mengatasi hal tersebut melalui pelatihan internal dan peningkatan penggunaan teknologi secara bertahap. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa CRM berperan penting dalam meningkatkan loyalitas jamaah melalui pendekatan relasional, fungsional, dan emosional yang terintegrasi dalam seluruh proses pelayanan.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pariwisata |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah |
| Depositing User: | 126407212035 AMBARWATI |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:09 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 01:09 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
