RAHMATUL KHABIBAH, 126206211017 (2025) PENGARUH KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA LOSSE PARTS MENGGUNAKAN BAHAN BEKAS UNTUK MENINGKATKAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL HIKMAH DOROAMPEL. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (678kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (660kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmatul Khabibah NIM 126206211017 dengan judul “Pengaruh Kegiatan Pembelajaran Berbantuan Media Losse Parts Menggunakan Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Hikmah Doroampel” Skripsi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bapak Ahmad Mushlih, M,Pd. Kata Kunci : Kegiatan Losse Parts, Membaca Permulaan Perkembangan Bahasa merupakan salah satu pengembangan dasar di Pendidikan Anak Usia Dini, aspek perkembangan Bahasa penting untuk dikembangkan karena dengan Bahasa anak dapat memahami kata dan kalimat. Namun perkembangan Bahasa anak tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran disekolah yang hanya menggunakan media biasa membuat anak kurang tertarik untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan Losse Parts menggunakan bahan bekas untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Doroampel. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kegiatan Losse Parts terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Doroampel dan seberapa signifikan pengaruh tersebut. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif pada metode eksperiment dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan tipe Time Series Design. Lokasi penelitian ini di RA Al Hikmah Doroampel dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 25 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi Analisis data dan uji hipotesis menggunan progam SPSS 26.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum nilai mean, nilai maksimun pada penelitian ini memiliki perbedaan yang sangat cukup signifikan. Hasil anlisis uji T Paired T-Test di ketahui bahwa nilai t adalah 18,754 dengan nilai signifikan 0,000. Karena sig lebih kecil 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesa dalam penelitian ini “Ada pengaruh yang signifikan terhadap kegiatan Losse Parts menggunakan bahan bekas untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Al Hikmah Doroampel,” atau diterima. Bahwasanya dengan adanya kegiatan pembelajaran berbantuan media Losse Parts menggunakan bahan bekas ini terdapat pengaruh terhadap membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di RA Al-Hikmah Doroampel.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > PAUD Pendidikan > Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 126206211017 RAHMATUL KHABIBAH |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:48 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60224 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |