NIKEN DIAH AYU PURBO NINGRUM, 12308183096 (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP IMPULSIF BUYING PADA PLATFORM TIKTOK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP IMPULSIF BUYING pada PLATFORM TIKTOK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
metode pemasaran maupun periklanan dimedia social yang menggunakan selebriti sebagai bintang iklan (celebrity endorser) harus mempunyai kecakapan, karakteristik yang khas, dan kepopularitasan. Hal itu dapat menjadi daya Tarik sendiri untuk menarik minat beli dan memunculkan atensi pada konsumen. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kemudahan dalam hal tersebut dapat dikatakan sebagai pembelian impulsive. Dalam hal ini peneliti memilih subjek pengguna platform tiktok. Penelitian ini memiliki suatu tujuan guna mengetahui tingkat intensitas pembelian impulsive dan celebrity endorser, beserta pengaruh dari celebrity endorser terhadap pembelian impulsive yang ada pada pengguna platform tiktok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan subjek yang berjumlah 265 orang dan Teknik yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel pengguna platform tiktok. Dari umur 19 tahun sampai 26 tahun dengan status mahasiswa atau bekerja yang terindikasi melakukan pembelian impulsive. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebuah hasil bahwa adanya sebuah pengaruh celebrity endorser terhadap pembelian impulsive. Hasil dari penelitian menunjukkan intensitas pembelian impulsive ada pada kategori sedang yaitu memiliki presentase 85.7% dengan jumlah 227 orang dan celebrity endorser pada kategori sedang yaitu memiliki presentase 91.7% dengan jumlah 243 orang. Hasil dari uji hipotesis menambahkan bahwa adanya besaran pengaruh pada celebrity endorser dan pembelian impulsive buying terhadap loyalitas konsumen sebesar 1.4% dengan besaran nilai R Square 0.014. Kata kunci: celebrity endorser, impulsive buying, pengguna platform tiktok.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 12308183096 NIKEN DIAH AYU PURBO NINGRUM |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 07:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 07:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |