AMYLATUL AWALIN, 12204173097 (2021) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING SKILSS (HOTS) MATERI SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (507kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (693kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skilss (HOTS) Materi Segiempat pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungaung” ditulis oleh Amylatul Awalim, NIM. 1204173097, Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M. Pd. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Soal Higher Order Thinking Skilss (HOTS), Segiempat Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah dan penerapan soal Higher Order Thinking Skilss (HOTS) dalam proses pembelajaran matematika. Faktor penyebab banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah matematika bersumber pada siswa dan guru. Faktor dari guru berupa kebiasaan guru yang masih memberikan soal Low Order Thinking Skill (LOTS) sehingga kemampuan siswa terutama dalam pemecahan masalah tidak dapat terasah dengan baik. Sedangkan faktor dari siswa sendiri karena belum terbiasa menghadapi soal-soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Soal HOTS sendiri dapat membantu seseorang menjadi pemecah masalah yang baik. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan soal HOTS materi segiempat pada siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut dengan tiga kategori kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII-E SMPN 1 Ngunut tahun ajaran 2020/2021. Pemilihan subjek berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dan rekomendasi guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam peneletian adalah tes tulis, wawancara dan dokumentasi secara online. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi dan penilaian teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sangat baik sehingga mampu menyelesaikan soal soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan tepat. 2) Siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang baik tetapi belum mampu menyelesaikan soal soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan tepat. 3) Siswa kelas VII SMPN 1 Ngunut dengan kemampuan matematika rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang cukup baik dan tidak mampu menyelesaikan soal soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Matematika Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204173097 AMYLATUL AWALIN |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:54 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 02:54 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |