PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR

MARSHANDA NUR FEBRIA ANGGRAHATI, 126204211047 (2025) PENGARUH MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTUAN WEBSITE WORDWALL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Game Based Learning Berbantuan Website Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar” ditulis oleh Marshanda Nur Febria Anggrahati, NIM. 126204211047, dengan pembimbing Dra. Hj. Umy Zahroh, M. Kes., Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Game Based Learning, Website Wordwall, Motivasi Belajar Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran matematika yang digunakan para pendidik masih konvensional dan rendahnya motivasi belajar siswa terutama dalam mata pelajaran matematika, sehingga terciptanya pembelajaran yang kurang efektif, monoton, dan membosankan. Hal ini akan mempengaruhi motivasi belajar matematika siswa. Dengan upaya meningkatkan motivasi belajar siswa, maka guru perlu menerapkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif, yaitu model pembelajaran Game Based Learning. Model pembelajaran Game Based Learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan permainan atau game yang dirancang untuk mendukung proses pembelajaran. Permainan yang digunakan bisa berupa permainan digital maupun non-digital. Salah satu permainan digital yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah game Wordwall yang berbasis website. Model ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif dan efektif serta berpotensi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan website Wordwall terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Blitar. (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Game Based Learning berbantuan website Wordwall terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive random sampling dengan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Analisis data hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat. Sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t-test Independent dan untuk mengukur besar pengaruh dengan menggunakan Uji Cohen’s Effect Size Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Model Game Based Learning berbantuan website Wordwall berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. (2) Model Game Based Learning berbantuan website Wordwall terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar memiliki pengaruh sebesar 0.8 sehingga memiliki presentase 79% yang termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211047 MARSHANDA NUR FEBRIA ANGGRAHATI
Date Deposited: 15 Aug 2025 02:21
Last Modified: 15 Aug 2025 02:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/60957

Actions (login required)

View Item View Item