FEAR OF MISSING OUT (Studi Kualitatif Pengalaman Wisatawan Pada Warung Kopi Sinar Terang)

DEAVINA AURALIA ZAHWA, 126407212038 (2025) FEAR OF MISSING OUT (Studi Kualitatif Pengalaman Wisatawan Pada Warung Kopi Sinar Terang). [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Fear of Missing Out: Studi Kualitatif Pengalaman Wisatawan pada Warung Kopi Sinar Terang” ini ditulis oleh Deavina Auralia Zahwa, NIM. 126407212038, dengan pembimbing Uswatun Nafi’ah, M.M. Kata Kunci: Fear of Missing Out, Pengalaman Wisatawan, Media Sosial, Motivasi Wisatawan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kunjungan wisatawan ke destinasi yang viral di media sosial, yang dipicu oleh dorongan psikologis bernama fear of missing out. Perasaan takut tertinggal dari tren atau pengalaman yang sedang populer mendorong individu untuk mengunjungi tempat-tempat yang ramai dibicarakan, demi memperoleh pengakuan sosial dan pengalaman yang dianggap berharga untuk dibagikan kembali di platform digital. Warung Kopi Sinar Terang adalah salah satu tempat nongkrong populer di Tulungagung dipilih sebagai lokasi penelitian untuk memahami bagaimana fear of missing out memengaruhi motivasi kunjungan dan pengalaman wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana fear of missing out menjadi motivasi kunjungan wisatawan ke Warung Kopi Sinar Terang; dan (2) Mendeskripsikan pengalaman wisatawan selama berkunjung ke Warung Kopi Sinar Terang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi, yang berfokus pada pemahaman terhadap pengalaman yang dirasakan wisatawan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk memberikan pemahaman mendalam tentang fenomena fear of missing out dan pengalaman wisatawan di Warung Kopi Sinar Terang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fear of missing out menjadi motivasi kuat yang mendorong wisatawan untuk mengunjungi Warung Kopi Sinar Terang. Faktor-faktor seperti ketakutan tertinggal tren, kekhawatiran dianggap tidak up to date, serta kecemasan sosial mendorong wisatawan untuk segera datang setelah melihat konten viral tentang destinasi ini. Fear of missing out berkaitan erat dengan kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri wisatawan yang ingin merasakan pengalaman yang dianggap eksklusif dan layak dibagikan di media sosial; (2) Pengalaman wisatawan selama berkunjung dipengaruhi oleh kenyamanan fasilitas, keindahan suasana sore hari, wahana rainbow slide, serta interaksi sosial di area outdoor yang menghadirkan perasaan senang, puas, dan terhubung dengan lingkungan sekitar. Aspek-aspek ini mencerminkan terpenuhinya kebutuhan emosional dan sosial wisatawan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata > Obyek Wisata
Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407212038 DEAVINA AURALIA ZAHWA
Date Deposited: 19 Aug 2025 03:28
Last Modified: 19 Aug 2025 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61080

Available Versions of this Item

  • FEAR OF MISSING OUT (Studi Kualitatif Pengalaman Wisatawan Pada Warung Kopi Sinar Terang). (deposited 19 Aug 2025 03:28) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item