PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK TERHADAP PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN

NUR HIMMATUSSA'IDAH, 126206211013 and DIKA PUTRI RAHAYU, 2022129101 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA QUIET BOOK TERHADAP PENDIDIKAN CINTA LINGKUNGAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (334kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Himmatussa’idah, Nur. 2025. Pengembangan Media Quiet Book Terhadap Pedidikan Cinta Lingkungan Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbig Skripsi: Dr. Dika Putri Rahayu, M.Pd. Kata Kunci: Quiet Book, Pendidikan Cinta Lingkungan, Anak Usia 3-4 Tahun Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar dan menambah keaktifan anak. Pendidikan cinta lingkungan pada anak usia dini merupakan langkah awal dalam pembentukan karakter peduli lingkungan. Penelitian ini juga merujuk pada penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka melalui tema “Aku sayang Bumi” dengan fokus pada dimensi akhlak kepada alam, gotong royong, dan bernalar kritis. Media Quiet Book sebagai sarana pembelajaran yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media quiet book terhadap pendidikan cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. 2) untuk mengetahui kelayakan media quiet book terhadap pendidikan cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. 3) untuk mengetahui kepraktisan media quiet book terhadap pendidikan cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. 4) untuk mengetahui efektivitas media quiet book terhadap pendidikan cinta lingkungan pada anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Reseach and Development dengan model penelitian ADDIE meliputi: analysis, design, development, implementasi, evaluation. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencangkup data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: 1) Pengembangan media quiet book dibuat sesuai kebutuhan dan memperhatikan materi di dalam profil pelajar pancasila kurikulum merdeka, tema “Aku Sayang Bumi”. 2) Kelayakan media quiet book untuk ahli materi memiliki hasil 64,28% termasuk kategori cukup valid, sedangkan ahli media sebesar 90,62% termasuk dalam kategori sagat valid. 3) Kepraktisan media quiet book dilakukan oleh guru memperoleh hasil 88,46% termasuk kategori sangat baik. 4) Keefektivitasan media quiet book dilakukan denga uji kelompok kecil dan uji kelompok besar, hasil dari uji kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 59,0% dengan kategori cukup efektif. Sedangkan hasil dari uji kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 57,6% dikategorikan cukup efektif. Sehingga media quiet book dapat digunakan dalam pendidikan cinta lingkungan anak usia 3-4 tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206211013 NUR HIMMATUSSA'IDAH
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:04
Last Modified: 18 Sep 2025 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61162

Actions (login required)

View Item View Item