ASSANIA NAZIDA MUFIDA HAKIM, 126212211005 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES DAN MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI HIDROKARBON. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (929kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (893kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (477kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Keterbatasan bahan ajar kimia di sekolah menyebabkan siswa kesulitan memahami materi hidrokarbon yang dianggap terlalu abstrak. Kesulitan ini muncul karena banyaknya konsep yang harus dihafal tanpa dikaitkan dengan fenomena nyata. Selama ini, pembelajaran di sekolah hanya mengandalkan buku paket tanpa media pendukung yang memperjelas konsep, seperti ilustrasi partikel unsur pada tingkat atom atau molekul dalam penerapan hidrokarbon. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan ajar yang tidak hanya menyajikan konsep secara teoritis, tetapi juga menghubungkannya dengan fenomena sehari-hari dan memberikan visualisasi yang lebih jelas. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah pengembangan e-modul berbasis socio-scientific issues dan multipel representasi pada materi hidrokarbon. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis socio-scientific issues dan multipel representasi pada materi hidrokarbon (2) mengetahui tingkat kelayakan dari pengembangan e-modul berbasis socio-scientific issues dan multipel representasi pada materi hidrokarbon, dan (3) mengetahui tingkat respon siswa terhadap pengembangan e-modul berbasis socio-scientific issues dan multipel representasi pada materi hidrokarbon. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D, namun oleh Thiagarajan dimodifikasi menjadi 3D. Tahapan model tersebut yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara dan angket karakteristik siswa untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan produk, lembar validasi untuk menguji tingkat kelayakan produk dan angket respon siswa untuk mengetahui respon pada produk tersebut. Validasi dilakukan oleh 2 validator ahli yang terdiri dari 1 dosen kimia dan 1 guru kimia MAN 1 Tulungagung. Subjek penelitian ini menggunakan 35 siswa pada kelas XI-A di MAN 1 Tulungagung. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yakni (1) produk berbentuk e-modul yang dikembangakan dengan model 4D modifikasi 3D berbantuan aplikasi Microsoft Word, Canva, ChemDraw, Me-Qr, dan Fliphtml5.com. (2) produk e-modul dinyatakan sangat layak oleh validator, berdasarkan penilaian tersebut dirinci sebagai berikut: aspek materi memperoleh persentase sebesar 89,9% dan aspek media sebesar 87,5%, apabila dirata-rata memperoleh hasil validasi sebesar 88,7% (3) Hasil respon siswa terhadap e-modul ini yaitu memperoleh persentase sebesar 81,4% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, e-modul yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia Kimia > Molekul Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 126212211005 ASSANIA NAZIDA MUFIDA HAKIM |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 04:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 04:31 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61324 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |