PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL BERMUATAN STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG

CINTIA AYU DAMA YANTI, 126211211006 and DESYANA OLENKA MARGARETTA, 199012162018012001 (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PBL BERMUATAN STEM PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis PBL bermuatan STEM pada Materi Pemanasan Global Kelas X MAN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Cintia Ayu Dama Yanti. NIM 126211211006, dengan pembimbing Ibu Dr. Desyana Olenka Margaretta. M.Si. Kata Kunci: E-Modul, Problem Based Learning, STEM, Pemanasan Global, Hasil Belajar Materi pemanasan global merupakan topik penting yang bersifat interdisipliner dan kompleks karena melibatkan konsep dari berbagai bidang ilmu seperti fisika, kimia, biologi, serta matematika. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di MAN 3 Tulungagung, ditemukan bahwa pembelajaran fisika masih cenderung konvensional dan penggunaan bahan ajar masih terbatas pada buku cetak. Hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik dan hasil belajar yang belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) bermuatan STEM pada materi pemanasan global; (2) mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D tanpa tahap Disseminate karena keterbatasan waktu. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X yang telah mempelajari materi pemanasan global. Sampel pada uji coba kepraktisan adalah kelas XI-A sebanyak 32 siswa, dan untuk uji efektivitas adalah kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan X-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan meliputi lembar validasi ahli materi dan media, angket respon peserta didik, serta tes hasil belajar. E-modul dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan dipublikasikan melalui platform Heyzine Flipbook, dengan integrasi teks, gambar, video, dan aktivitas berbasis sintaks PBL serta pendekatan STEM. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif dan uji statistik. Validitas data dianalisis dengan menghitung persentase skor dari validator, kepraktisan data dianalisis menggunakan rata-rata skor angket respon peserta didik. Sedangkan untuk menguji efektivitas, data posttest dianalisis menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney U karena data tidak berdistribusi normal, dengan bantuan software SPSS 23. Selain itu, untuk melihat besar pengaruh penggunaan e-modul, dilakukan uji effect size dengan rumus Cohen's d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi oleh dua validator ahli media memperoleh persentase sebesar 90,71% dan ahli materi sebesar 84,54%, keduanya masuk dalam kategori “sangat valid”; (2) kepraktisan e-modul berdasarkan angket peserta didik memperoleh skor rata-rata 88,25%, yang menunjukkan kategori “sangat praktis”; (3) efektivitas e-modul ditunjukkan melalui hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang lebih tinggi (rata-rata 94,25) dibanding kelas kontrol (rata-rata 60,53) dengan hasil uji Mann Whitney U yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai effect size (Cohen’s d) sebesar 2,91 dalam kategori large. Dengan demikian, e-modul berbasis PBL bermuatan STEM pada materi pemanasan global ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211211006 CINTIA AYU DAMA YANTI
Date Deposited: 10 Sep 2025 02:45
Last Modified: 10 Sep 2025 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61523

Actions (login required)

View Item View Item