ROSSA AMELIA DESSY RAMADHANI, 126304212135 and DIDIN WAHYUDIN, 199106142023211021 (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN BRANDING DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK (Studi Kasus Pada UMKM Nusantary.id). [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (466kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (354kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pengembangan Branding Dalam Meningkatkan Daya Saing Produk (Studi Kasus Pada UMKM Nusantary.id)” ini ditulis oleh Rossa Amelia Dessy Ramadhani, NIM. 126304212135, dengan pembimbing Didin Wahyudin, M. Pd. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Branding, Daya Saing Produk, Integrated Marketing Communication Skripsi ini dilatarbelakangi oleh persaingan pasar yang semakin ketat antar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), terutama dalam industri kreatif seperti usaha buket. Dengan ini penguatan branding bagi pelaku UMKM sangat penting dilakukan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan daya saing produk. UMKM Nusantary.id merupakan salah satu pelaku usaha di Kota Kediri yang berupaya membangun citra merek dengan harga terjangkau namun tetap mempertahankan kualitas produk. Penerapan strategi branding dengan tepat menjadi kunci dalam mempertahankan posisi di pasar serta dapat menjawab tantangan-tantangan yang muncul, baik dari sisi internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan branding diterapkan oleh Nusantary.id, tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut, serta solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pengembangan merek. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih keilmuan mengenai (1) strategi pengembangan branding; (2) peningkatan daya saing produk Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Sumber data primer diperoleh dari proses wawancara dengan pemilik, tim marketing, dan pelanggan UMKM Nusantary.id. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumen internal UMKM Nusantary.id, media sosial Nusantary.id, literatur dan referensi ilmiah terkait branding dan daya saing, serta data terkait UMKM dan industri buket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nusantary.id menerapkan strategi pengembangan branding berbasis Integrated Marketing Communication (IMC) yang mencakup direct marketing, sales promotion, public relations, personal selling, advertising, word of mouth marketing, event and experience, serta interactive marketing. Selain itu, Nusantary.id juga membangun identitas merek melalui beberapa elemen kunci yang sejalan dengan Integrated Marketing Communication (IMC) meliputi, diferensiasi, brand image (citra merek), dan konsistensi identitas dan pesan branding. Dalam implementasinya, ditemukan tantangan internal seperti menjaga konsistensi citra merek dan pengendalian produksi, serta tantangan eksternal seperti persaingan pasar yang ketat, pola konsumsi musiman, dan perubahan tren pasar. Untuk mengatasi tantangan tersebut, Nusantary.id menerapkan berbagai solusi seperti sistem pre-order, diversifikasi produk, optimasi desain buket, serta penguatan identitas merek melalui media sosial.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304212135 ROSSA AMELIA DESSY RAMADHANI |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 07:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |