CICI MAIPUTRI, 126204212093 and SYAIFUL HADI, 197711032011011007 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI KPK DAN FPB DI MTs DARUL FALAH SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (710kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (480kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi KPK dan FPB di MTs Darul Falah Sumbergempol” ini ditulis oleh Cici Maiputri, NIM. 126204212093, dengan pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar, KPK dan FPB Media dalam proses pembelajaran adalah alat yang berperan sebagai perantara antara pendidik dan peserta didik dalam menyampaikan pesan, merangsang pikiran, perasaan, dan keinginan. Adanya media pembelajaran dapat membantu pendidik untuk menyampaikan konsep matematika lebih jelas, sehingga memungkinkan peserta didik belajar lebih efektif dan meningkatkan minat belajarnya sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Media pembelajaran interaktif adalah segala bentuk media yang memungkinkan peserta didik aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Media ini tidak hanya menyajikan informasi secara pasif, tetapi juga mengajak peserta didik untuk berinteraksi, mengeksplorasi, serta membangun pengetahuan masing-masing individu. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik kelas VII pada materi KPK dan FPB. 2) Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. 3) Mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. 4) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran interaktif berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media. 5) Mengetahui peningkatan minat belajar matematika peserta didik sesudah penggunaan media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran interaktif mengacu pada prosedur pengembangan menurut Borg and Gall, dimana di dalamnya ada sepuluh tahapan yang sudah dibatasi oleh peneliti untuk disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan yang dilakukan. Prosedur penelitian dan pengembangan disederhanakan menjadi delapan langkah meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media pembelajaran interaktif matematika pada materi KPK dan FPB telah memenuhi kriteria kevalidan untuk digunakan dalam pembelajaran. 2) Media pembelajaran interaktif matematika pada materi KPK dan FPB telah memenuhi kriteria kepraktisan untuk digunakan dalam pembelajaran. 3) Media pembelajaran interaktif matematika pada materi KPK dan FPB telah memenuhi kriteria keefektifan untuk digunakan dalam pembelajaran. 4) Terdapat peningkatan minat belajar matematika peserta didik setelah penggunaan media pembelajaran interaktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204212093 CICI MAIPUTRI |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 03:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/61849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |