JIBRILA NAJWA ALZAMZAMI, 126204211040 and UMY ZAHROH, 196907192000032002 (2025) PENGARUH GAME DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMPN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (584kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (501kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (728kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (986kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (849kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSAKA.pdf Download (508kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Digital Interaktif Berbasis Website Wordwall Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung” ditulis oleh Jibrila Najwa Al-zamzami, NIM. 126204211040 Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata Kunci : Game Digital Interaktif, Website Wordwall, Motivasi belajar, Hasil belajar, Matematika Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan oleh keluhan dari guru di SMPN 1 Ngunut Tulungagung bahwa motivasi peserta didik menurun karena sebagian besar pendidik masih menggunakan pembelajaran dengan model konvensional yang monoton. Dengan kemajuan teknologi saat ini, seharusnya pendidik mampu memaanfaatkan teknologi dan menerapkannya di kelas supaya peserta didik lebih termotivasi dan hasil akademik meningkat. Salah satu teknologi yang dapat menjadi solusi adalah game digital interaktif berbasis website Wordwall sebagai alat bantu pembelajaran untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap motivasi pesera didik kelas VII SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap hasil belajar pesera didik kelas VII SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut, Tulungagung. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian adalah Purposive sampling dengan kelas VII B sebagai kelas eksperimen (36 peserta didik) dan kelas VII A sebagai kelas kontrol (36 peserta didik). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes, analisis data menggunakan uji t dan MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh dari penggunaan game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,014. 2) Ada pengaruh penggunaan game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 3) Ada pengaruh penggunaan game digital interaktif berbasis website Wordwall terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Ngunut Tulungagung dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204211040 JIBRILA NAJWA AL-ZAMZAMI |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 06:21 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 06:21 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
