PUTRI WIDYA SASTRI, 126211211001 and AMBAR SARI, 198906022025212007 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI KALOR KELAS XI DI SMAN 1 NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (889kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kalor Kelas XI di SMAN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri” ditulis oleh Putri Widya Sastri, NIM 126211211001, dosen pembimbing Ambar Sari, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kreatif, Keterlaksanaan Model, Kalor. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif di SMAN 1 Ngadiluwih menjadi tantangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Siswa sering dilatih untuk menemukan satu jawaban yang benar dari pada mengembangkan berbagai kemungkinan solusi terhadap suatu masalah, siswa juga tidak memiliki kebebasan dalam berpikir luas dan kreatif terhadap soal yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kalor di kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri. 2) Mendeskripsikan efektivitas penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kalor di kelas XI SMAN 1 Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen jenis posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah 350 siswa kelas XI di SMAN 1 Ngadiluwih. Sampel dipilih secara purposive sampling, yang terdiri dari kelas eksperimen (kelas XI-2, 35 siswa ) dan kelas kontrol (kelas XI-3, 36 siswa). Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan terdiri : 1) Uji Intrumen (Validitas dan Reliabilitas). 2) Uji Prasyarat (Normalitas dan Homogenitas). 3) Uji Hipotesis (Uji Mann Whitney U). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan hasil uji Mann Whitney U diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Keterlaksanaan model Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi kalor, dengan hasil pembelajaran pada setiap aspek kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211001 PUTRI WIDYA SASTRI |
Date Deposited: | 07 Oct 2025 02:33 |
Last Modified: | 07 Oct 2025 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |