PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI STATISTIKA KELAS X MA ROUDLOTUL MUTAALLIMIN KANIGORO BLITAR

DEWI RATNA SARI, 126204211014 and MARYONO, 198103302005011007 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI STATISTIKA KELAS X MA ROUDLOTUL MUTAALLIMIN KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Quizizz Paper Mode Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Materi Statistika Kelas X MA Roudlotul Mutaallimin Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Dewi Ratna Sari, NIM. 126204211014, dengan pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Statistika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis. Kondisi ini disebabkan oleh proses pembelajaran matematika masih banyak dilakukan secara konvensional dan berpusat pada guru, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa belum berkembang optimal. Diperlukan pendekatan pembelajaran yang aktif dan inovatif, salah satunya adalah model Problem Based Learning (PBL). Dukungan media interaktif seperti Quizizz Paper Mode juga dapat membantu menciptakan suasana belajar yang menarik dan mendorong keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi statistika kelas X MA Roudlotul Mutaallimin Kanigoro Blitar, (2) mengetahui besarnya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi statistika kelas X MA Roudlotul Mutaallimin Kanigoro Blitar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Pada penelitian ini sampling yang digunakan non-probability sampling dengan tipe Purposive Sampling (teknik acak sederhana). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X berjumlah 90. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X 1 yang berjumlah 23 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X 2 yang berjumlah 20 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis matematis dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi statistika kelas X MA Roudlotul Mutaallimin Kanigoro Blitar dan (2) besar pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Quizizz Paper Mode terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa materi statistika kelas X MA Roudlotul Mutaallimin Kanigoro Blitar sebesar 3,485. Hal ini berarti model pembelajaran mempunyai pengaruh dengan kategori besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211014 DEWI RATNA SARI
Date Deposited: 27 Oct 2025 02:29
Last Modified: 27 Oct 2025 02:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/62913

Actions (login required)

View Item View Item