MAHSUN FATHUL WAHAB, 126211211020 and DESYANA OLENKA MARGARETTA, 199012162018012001 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X SMAN 1 TUGU TRENGGALEK. [ Skripsi ]
![]() |
Text
Cover.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (267kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
![]() |
Text
Dapus.pdf Download (279kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Energi Terbarukan Kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek” ditulis oleh Mahsun Fathul Wahab, NIM 126211211020, dengan pembimbing Dr. Desyana Olenka Margaretta, M.Si. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran fisika. Salah satunya karena pembelajaran masih berpusat pada guru dengan menggunakan model pembelajaran teacher center. Dimana guru cenderung memegang kontrol atas proses pembelajaran sehingga peserta didik relative pasif dalam proses belajar. Dengan ini, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek, (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek, (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran PBL terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dengan teknik posttest only control groub design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X sebanyak 104 peserta didik dengan sampel yang digunakan 26 peserta didik kelas X-C sebagai kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas X-A sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes soal. Teknik analisis uji instrumen dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan pada uji hipotesis menggunakan uji T-Test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,028 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 1 Tugu Trenggalek. Dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang menyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika |
Depositing User: | 126211211020 MAHSUN FATHUL WAHAB |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:45 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |