LUTHFINA KHOIRUNNISA`, 126201212116 and AHMAD NATSIR, 198706022020121008 (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENGANTISIPASI KENAKALAN REMAJA DI SMK DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
![]() |
Text
COVER.pdf Download (684kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran PAI dalam Mengantisipasi Kenakalan Remaja di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung” ini ditulis oleh Luthfina Khoirunnisa`, NIM. 126201212116, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Ahmad Natsir, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kenakalan Remaja Konteks penelitian ini adalah meningkatnya kenakalan remaja di lingkungan pendidikan, yang menjadi salah satu tantangan utama dalam dunia pendidikan saat ini. Berbagai perilaku menyimpang, seperti pembolosan, melawan guru, mencontek, serta perilaku tidak sopan lainnya, banyak ditemukan di kalangan peserta didik. Faktor-faktor penyebabnya meliputi pengaruh lingkungan keluarga, pergaulan teman sebaya, serta media sosial. Sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi permasalahan tersebut, SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung menerapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter siswa dan menanamkan nilai-nilai moral serta akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran PAI dalam mengantisipasi kenakalan remaja di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam mengantisipasi kenakalan remaja di SMK Darussalam? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mengantisipasi kenakalan remaja di SMK Darussalam? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam mengantisipasi kenakalan remaja di SMK Darussalam? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui perpanjangan keikutsertaan, siklus kesamaan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan pembelajaran PAI di SMK Darussalam Campurdarat dilakukan secara menyeluruh dengan menyesuaikan kurikulum, kondisi, serta kebutuhan siswa. Modul ajar dirancang tidak hanya memuat materi teoritis, tetapi juga penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan. Tujuan pembelajaran mencakup aspek kognitif, sikap, dan perilaku. Metode seperti Problem Based Learning, diskusi, dan studi kasus digunakan untuk mendorong partisipasi aktif siswa, dengan media pembelajaran yang relevan dengan dunia remaja. Perencanaan ini juga melibatkan koordinasi dengan kepala sekolah, waka kurikulum, dan kolaborasi antar guru, serta mempertimbangkan aspek psikologis dan sosial siswa untuk mengantisipasi kenakalan remaja. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung mencakup beberapa aspek penting yang menjadi temuan utama dalam penelitian ini. Pertama, guru menggunakan pendekatan kontekstual dan reflektif dimulai dengan salam, doa, dan apersepsi yang dikaitkan dengan realitas kehidupan siswa. Kedua, metode pembelajaran yang digunakan bersifat interaktif seperti diskusi, studi kasus, dan refleksi. Ketiga, pemanfaatan media pembelajaran visual seperti video turut membantu siswa memahami dampak negatif kenakalan remaja secara konkret. Keempat, kegiatan keagamaan rutin seperti sholat berjamaah, pengajian, dan pembacaan Al-Qur’an menjadi sarana penguatan karakter religius siswa. (3) Evaluasi pembelajaran PAI di SMK Darussalam Campurdarat Tulungagung dilakukan secara menyeluruh dengan mencakup aspek akademik melalui ujian tulis dan non-akademik melalui observasi sikap serta refleksi, baik secara lisan di akhir pembelajaran maupun tertulis melalui lembar refleksi bulanan. Evaluasi ini menunjukkan dampak positif berupa peningkatan kedisiplinan, kesadaran bersikap, dan partisipasi dalam kegiatan keagamaan. Namun, tantangan tetap ada dalam menjaga konsistensi perubahan perilaku siswa akibat pengaruh lingkungan luar sekolah. Sebagai tindak lanjut, guru PAI bersama pihak sekolah melakukan pendekatan personal seperti bimbingan, diskusi individu, serta melibatkan guru BK dan orang tua guna memperkuat pembentukan karakter islami secara berkelanjutan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201212116 LUTHFINA KHOIRUNNISA' |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 02:13 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 02:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |