AGUS MAMBA’UL MABAROT, 126301212081 and SITI LAILATUL QOMARIYAH, 199205172018133700 (2025) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM TAFSIR IBNU KATSIR DAN TAFSIR AL-MISHBAH. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (511kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (884kB) |
Abstract
Skripsi ini ditulis oleh Agus Mamba’ul mabarot, NIM 126301212081, Progam studi Ilmu al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulngagung, dengan judul “Interpretasi Konsep Pendidikan Islam Dalam Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Ibnu Katsir”, yang dibimbing oleh Siti Lailatul Qomariah, M.Ag. Kata Kunci: Konsep Pendidika Islam, Tafsir al-Mishbah, Tafsir Ibnu Katsir Dunia pendidikan dalam Islam mengalami perkembangan dari masa kemasa, potret perkembangan ini dapat dilihat dalam karya tulisan ulama Islam, salah satunya adalah kitab tafsir. penulis melihat ada perbedaan dalam karya tafsir terdahulu dan karya tafsir modern, perbedaan ini bukan hanya menunjukkan perbedaan dalam metode dan corak tafsir, tapi juga menggambarkan pentranformasian dan perkembangan pemikiran Islam, khususnya pendidikan Islam. konsep pendidikan sejatinya tidak ada dalam al-Qur’an, namun term (istilah) konsep pendidikan dapat ditemukan dalam ayat-ayat al-Qur’an, seperti dalam Q,S al-Baqarah ayat 31 yang menjelaskan bahwa Allah SWT mengajarkan nama-nama benda kepada nabi Adam, lalu dalam Q.S Lukman ayat 12-19 yang menjelaskan tentang metode lukman saat mengajarkan anaknya nengan metode nasihat dan bimbingan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengkaji konsep pendidikan Islam dalam kitab tafsir Ibnu Katsir dan al-Mishbah, dengan metode penelitian tafsir muqoron (komparatif) dengan model perbandingan yang bersifat menyatu dan teranyam (integerated comparative method) dan maudu’i (tematik). Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah library reseach (penelitian kepustakaan), dengan teknik pengumpulan data jenis dokumentasi. Model integerated comparative method ini akan membandingkan ayat-ayat yang telah di kumpulkan dari al-Qur’an, sehingga diketahui persamaan dan perbedaan dalam tafsir Ibnu Katsir dan al-Mishbah. Melalui model komparatif integerated comparative method maka dapat diketahui beberapa kesimpulan: a) Al-Qur'an mengajarkan prinsip-prinsip pendidikan Islam, seperti yang dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah ayat 31–32. Ayat-ayat ini menceritakan bagaimana Allah mengajarkan nama-nama benda kepada Nabi Adam dan menunjukkan pentingnya ilmu pengetahuan. Tafsir al-Mishbah dan Ibnu Katsir menegaskan bahwa pendidikan yang baik tidak hanya tergantung pada perencanaan, tetapi juga pada pelaksanaannya, serta menjadikan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam segala aspek pendidikan. b) Tujuan pendidikan Islam dalam al-Quran menurut kedua tafsir tersebut adalah untuk menjadikan manusia yang berintregitas, memegang teguh akidahnya (keyakinannya), berbudi pekerti luhur, mencapai impiannya, dan seorang muslim yang sejati.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Agama Agama > Al Quran |
| Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir |
| Depositing User: | 126301212081 AGUS MAMBA'UL MABAROT |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:34 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:34 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63823 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
