RINA MIFTAKHUL JANAH, 1880506230009 and AGUS PURWOWIDODO, 197204172006041002 and ZAINI FASYA, 197004082007011029 (2025) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Multikasus Di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (689kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (220kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam” ini ditulis oleh Rina Miftakhul Janah, NIM. 1880506230009 dengan pembimbing Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. dan Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi TIK, Media Pembelajaran, PAI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan TIK termasuk power point menjadi sangat relevan dengan realitas pendidikan di Indonesia yang berupaya mengintegrasikan teknologi. Kebutuhan metode pembelajaran PAI yang inovatif semakin tinggi di tengah disrupsi informasi dan pergeseran minat generasi muda. Banyak penelitian TIK berfokus pada keberadaan atau dampak umum. Namun, dalam penelitian ini peneliti spesifikkan pada analisis kurasi, aktivasi, dan refleksi penggunaan power point sebagai media pembelajaran PAI. Fokus penelitian pada tesis ini adalah (1) Bagaimana kurasi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan? (2) Bagaimana aktivasi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan? (3) Bagaimana refleksi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan?. Adapun tujuan penelitian tesisi ini adalah (1) Menganalisis kurasi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan. (2) Menganalisis aktivasi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan. (3) Menganalisis refleksi presentasi power point sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Pogalan dan SMAN 2 Karangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan rancangan penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kasus individu kemudian analisis lintas kasus. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kurasi presentasi power point sebagai media pembelajaran PAI yaitu sekolah mendukung penggunaan TIK termasuk power point dalam pembelajaran dengan memfasilitasi berbagai sarana dan pelatihan guru dalam penggunaan TIK, mengintegrasikan TIK dalam modul ajar, menentukan kriteria penyusunan power point seperti materi disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, sumber materi akurat dan terpercaya, menulis poin materi yang penting secara sistematis, bahasa disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, tulisan jelas dan desain yang menarik, guru mempertimbangkan ketersediaan sarana dan ukuran file, guru menyusun power point dengan cara mengumpulkan sumber materi PAI yang relevan, memilih materi sesuai judul dan tujuan pembelajaran, menyiapkan alat dan menyediakan waktu, menulis materi secara urut serta guru memastikan presentasi power point sesuai kurikulum, tujuan pembelajaran, dan karakteristik peserta didik. (2) Aktivasi presentasi power point sebagai media pembelajaran PAI yaitu presentasi power point diintegrasikan dalam kegiatan inti pembelajaran, guru memberikan penjelasan materi dengan presentasi power point, guru menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar power point tidak mendominasi pembelajaran, guru mengalami tantangan selama pembelajaran diantaranya menjadikan power point efektif dalam pembelajaran, menjadikan kelas aktif dan komunikatif, tujuan pembelajaran bisa tercapai, tantangan ketersediaan sarana dan kendala teknis. (3) Refleksi presentasi power point sebagai media pembelajaran PAI yaitu dengan melakukan evaluasi efektivitas power point melalui observasi, wawancara, penugasan dan penilaian, umpan balik hasil evaluasi seperti materi yang disampaikan ringkas, peserta didik mudah memahami materi, termotivasi, mencatat materi, hasil belajar memenuhi KKTP, penampilan kurang menarik, tulisan kurang besar, menambahkan gambar atau video, membuat pelajaran yang menyenangkan, perbaikan dan rencana berkelanjutan yaitu membuat konten power point yang lebih menarik, menambah wawasan tentang fitur terbaru power point dan mengikuti pelatihan, power point memiliki potensi dalam pembelajaran seperti menjadikan pembelajaran PAI lebih menarik, meningkatkan motivasi peserta didik, penyajian materi lebih terstruktur dan mudah dipahami, dapat menjadi sumber belajar mandiri, menumbuhkan kreativitas serta tantangan berkelanjutan yang harus disikapi yaitu membutuhkan banyak waktu, membuat presentasi yang menarik dan interaktif, menggunakan fitur terbaru Microsoft power point serta tantangan gangguan teknis dan sarana.
| Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam |
| Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | 1880506230009 RINA MIFTAKHUL JANAH |
| Date Deposited: | 10 Nov 2025 04:03 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 04:03 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
