PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 KALIDAWIR

ALIFATUN NI’MAH, 126204213165 and NADIA ROOSMALITA SARI, 199109042019032019 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBANTUAN ADOBE FLASH CS6 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 2 KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (631kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbantuan Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Kalidawir” yang ditulis oleh Alifatun Ni’mah, NIM 126204213165. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas taerbiyah dan ilmu keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, di bimbing oleh Nadia Roosmalita Sari, S.Pd., M.Kom. Kata Kunci: Motivasi belajar, matematika, bangun ruang sisi lengkung, media pembelajaran interaktif, Adobe Flash CS6, multimedia. Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung, masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media pembelajaran yang menarik. Observasi di SMPN 2 Kalidawir menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil siswa yang antusias saat belajar matematika. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan inovatif. Pemanfaatan teknologi seperti Adobe Flash CS6 dapat digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Media ini diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagai solusi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan pada penelitian ini sebagai berikut: 1. Mengetahui langkah pengembangan media pembelajran interaktif matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbantuan adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kalidawir 2. Mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbantuan adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kalidawir 3. Mengetahui keprakatisan media pembelajran interaktif matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbantuan adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kalidawir 4. Mengetahui keefektivan media pembelajran interaktif matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbantuan adobe flash CS6 untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX SMPN 2 Kalidawir. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D dimodifikasi menjadi 3D yang bertujuan untuk membuat dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6. Prosesnya meliputi analisis kebutuhan dan pengujian terhadap kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media agar bisa digunakan secara luas di dunia pendidikan. Data dikumpulkan melalui wawancara, validasi ahli, dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran interaktif Matematika materi Bangun Ruang Sisi Lengkung berbantuan Adobe Flash CS6 di SMPN 2 Kalidawir: 1). Langkah-langkah pengembangan Media pembelajaran interaktif Matematika Bangun Ruang Sisi Lengkung dikembangkan dengan model 3D melalui tiga tahap: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan; 2).Hasil Analisis Kevalidan Media Uji validitas dilakukan oleh ahli materi dan media untuk memastikan kelayakan produk dan mendapatkan masukan perbaikan agar media lebih sesuai digunakan; 3). Hasil Analisis Kepraktisan Media Analisis kepraktisan dilakukan untuk mengetahui apakah media mudah digunakan dalam pembelajaran; 4). Hasil Analisis Keefektifan Media Analisis keefektifan bertujuan untuk mengukur sejauh mana media dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204213165 ALIFATUN NI'MAH
Date Deposited: 10 Nov 2025 07:07
Last Modified: 10 Nov 2025 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/63923

Actions (login required)

View Item View Item