PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENANAMKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES BERDIRINYA DINASTI AYYUBIYAH PEMBELAJARAN SKI DI SMP ISLAM DURENAN

FADILATUN NUJUM, 126201212173 and IKFI KHOULITA, 19821013201801200 (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENANAMKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES BERDIRINYA DINASTI AYYUBIYAH PEMBELAJARAN SKI DI SMP ISLAM DURENAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Proses Berdirinya Dinasti Ayyubiyah Pembelajaran SKI Di SMP Islam Durenan” ini ditulis oleh Fadilatun Nujum, NIM. 126201212173, dengan pembimbing Ibu Ikfi Khoulita M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan, Metode Teams Games Tournament (TGT), Minat Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya proses pembelajaran SKI yang sulit untuk menyampaikan materi dikarenakan mengandung unsur sejarah, yang mana pola pengajaran menggunakan metode ceramah tidak dapat meningkatkan minat belajar siswa dan siswa selalu merasa jenuh. Selain itu hasil belajar siswa cenderung rendah yang pada akhirnya evaluasi akan lebih sulit untuk melakukan evaluasi. Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memungkinkan untuk meningkatkan minat belajar siswa, menumbuhkan tanggung jawab, kerja sama antar kelompok dan memudahkan siswa untuk memahami dan mengingat materi. Pada akhirnya hasil belajar siswa akan menjadi lebih baik Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang (1) Perencanaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Proses Berdirinya Dinasti Ayyubiyah Pembelajaran SKI Di SMP Islam Durenan; (2) Pelaksanaan Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Proses Berdirinya Dinasti Ayyubiyah Pembelajaran SKI Di SMP Islam Durenan; (3) Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Menanamkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Proses Berdirinya Dinasti Ayyubiyah Pembelajaran SKI Di SMP Islam Durenan. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa data kualitatif; Kondensasi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) tersusun dengan baik dan terstruktur. Pembuatan perangkat pembelajaran disusun sesuai kurikulum dan tepat sesuai tujuan dan capaian yang dituju. Perangkat pembelajaran ini digunakan sebagai pegagan guru agar mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran dan agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif, menyenangkan, dan mencapai target pembelajaran yang telah ditetapkan. (2) pelaksanaan penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran SKI dapat meningkatkan minat belajar siswa, seluruh siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Dan setiap kelompok terlihat kompak saling bekerjasama dan saling membantu teman satu sama lain. Dengan diterapkannya metode Teams Games Tournament (TGT) ini siswa semakin mudah memahami dan mengingat materi. Metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) menjadikan proses pembelajaran menjadi menyenangkan. (3) Cara mengevaluasi hasil belajarnya menggunakan Evaluasi Formatif, dilakukan secara lisan dengan Tanya jawab dan Evaluasi Sumatif dengan mengerjakan soa-soal yang ada di LKS dan pelaksanaan PAS. Selain itu teknik penilaian juga sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu: penilaian afektif (sikap), Kognitif (pengetahuan). Setelah itu juga diadakannya Remidial apa bila ada siswa yang nilainya dibawah KKM. Namun setelah diterapkannya metode Teams Games Tournament (TGT) terbukti hasil belajar siswa semakin meningkat dan tidak ada siswa yang remidi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201212173 FADILATUN NUJUM
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:40
Last Modified: 14 Nov 2025 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64019

Actions (login required)

View Item View Item