STRATEGI MEDIA SOSIAL MARKETING BIRO PERJALANAN IBADAH HAJI DAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JEMAAH (Studi Kasus pada Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri)

SANDHIKA ARY RAHMA, 126407212074 and DENY YUDIANTORO, 198403052019031011 (2025) STRATEGI MEDIA SOSIAL MARKETING BIRO PERJALANAN IBADAH HAJI DAN UMRAH DALAM MENINGKATKAN MINAT CALON JEMAAH (Studi Kasus pada Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Media Sosial Marketing Biro Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah dalam Meningkatkan Minat Calon Jemaah (Studi Kasus pada Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri)” penelitian ini ditulis oleh Sandhika Ary Rahma, NIM.126407212074, Prodi Pariwisata Syariah, Jurusan Bisnis dan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Deny Yudiantoro, S.AP., M.M. Kata Kunci: Strategi Media Sosial Marketing, Biro Perjalanan Haji dan Umrah, Minat Calon Jemaah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Dengan meningkatnya jumlah biro perjalanan haji dan umrah, persaingan di antara mereka semakin ketat, sehingga calon jemaah sering mengalami kebingungan dalam memilih biro yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Rameyza Tour & Travel menggunakan strategi media sosial marketing untuk meningkatkan minat calon jemaah haji dan umrah. Tujuan penelitian ini diharapkan mampu memberi sumbangsih keilmuan tentang: (1) Bagaimana strategi media sosial marketing yang diterapkan oleh Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri dalam meningkatkan minat calon Jemaah haji dan umrah. (2) Bagaimana efektivitas strategi media sosial marketing dalam meningkatkan minat calon Jemaah haji dan umrah di Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri. (3) Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan dalam strategi media sosial marketing yang dilakukan oleh Rameyza Tour & Travel Kab. Kediri dalam meningkatkan minat calon Jemaah haji dan umrah. Metode penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif yaitu menjelaskan suatu fenomena dengan menganalisis fakta secara sistematis dari objek pembahasan yang diteliti. Sumber data yang di diteliti adalah dari Rameyza Tour & Travel di Kab. Kediri. Pendekatan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan, dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa: (1) Rameyza Tour & Travel menggunakan Instagram, Facebook, dan TikTok untuk menjangkau calon jemaah, serta memanfaatkan komunitas online dan forum untuk membangun kepercayaan melalui testimoni dan pembaruan informasi. (2) Strategi media sosial Rameyza Tour & Travel terbukti efektif dalam menarik perhatian dan membangun minat calon jemaah. (3) Faktor yang mempengaruhi keberhasilan termasuk konteks sosial dan spiritual dalam penyajian konten, komunikasi yang interaktif, kolaborasi dengan pihak lain, dan koneksi yang dibangun melalui media sosial.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pariwisata
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Pariwisata Syariah
Depositing User: 126407212074 SANDHIKA ARY RAHMA
Date Deposited: 14 Nov 2025 02:07
Last Modified: 14 Nov 2025 02:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64028

Actions (login required)

View Item View Item