PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR

MUHAMMAD YAZID BASTOMI, 12208193061 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM KOORDINASI PADA MANUSIA KELAS XI DI MAN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (401kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (141kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Koordinasi pada Manusia Kelas XI di MAN Kota Blitar” ini ditulis oleh Muhammad Yazid Bastomi, NIM. 12208193061 Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Nanang Purwanto, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Video Pembelajaran, Materi Sistem Koordinasi, Hasil Belajar Materi sistem koordinasi pada manusia merupakan salah satu materi biologi pada jenjang SMA/MA kelas XI yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa kelas XI di MAN Kota Blitar. Siswa menganggap materi sistem koordinasi pada manusia cenderung bersifat abstrak, menggunakan banyak istilah yang sulit dipahami, serta materi pembahasan yang banyak sehingga hasil belajar peserta didik menjadi kurang optimal. Hasil belajar yang kurang optimal ini perlu di tingkatkan dengan media pembelajaran yang menarik, mudah diakses dan interaktif. Dari latar belakang tersebut penggunaan video pembelajaran dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi sistem koordinasi kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk Mendeskripsikan Pengembangan Media Pembelajaran Video Materi Sistem Koordinasi Kelas XI di MAN Kota Blitar. (2) Mendeskripsikan Kelayakan Media Pembelajaran Video Materi Sistem Koordinasi Kelas XI di MAN Kota Blitar. (3) Mendeskripsikan Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Video Sistem Koordinasi Kelas XI di MAN Kota Blitar, dan (4) Mengetahui Keefektifan Media Pembelajaran Video Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MAN Kota Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan) dan Evaluation (Evaluasi). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA di MAN Kota Blitar, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Metode eksperimen yang dilakukan adalah menggunakan jenis peneltian Quasy Experimental , setelah itu dilakukan perhitungan NGain untuk mengukur peningkatan setelah eksperimen serta dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis statistik yaitu uji t independent. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, lembar wawancara, lembar validasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif statistik inferensial. Hasil penelitian diperoleh (1) Video pembelajaran materi sistem koordinasi kelas XI Video pembelajaran materi sistem koordinasi kelas XI dikembangkan dengan model ADDIE dengan aplikasi Canva, PowerPoint 2013 dan Kinemaster. Komponen dalam video pembelajaran adalah Thumbnail; bagian awal berupa scene pembukaan dan apersepsi, scene tujuan pembelajaran dan scene peta materi; Bagian isi berupa scene judul, scene pembahasan, scene kuis, scene kuis lanjutan dan scene tinjauan materi; bagian penutup berupa scene salam penutup, pesan dan daftar rujukan. (2) Video pembelajaran materi sistem koordinasi kelas XI dihasilkan validasi materi dengan persentase 97,72 % dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Validasi ahli media dilakukan oleh dua orang validator dengan rata-rata persentase 95% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. Hasil validasi guru biologi kelas XI dilakukan oleh dua orang validator dengan rata-rata persentase 92,04% dengan kriteria sangat valid dan tidak diperlukan revisi. (3) Hasil uji tampilan oleh atau respon siswa memiliki persentase 94,17% dengan kriteria sangat baik. (4) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penggunaan video pembelajaran sistem koordinasi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol dan perbedaan hasil tersebut diketahui dengan uji t setelah dilakukan uji t diketahui harga angka sig. (2-tiled) = 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan produk video sistem koordinasi layak digunakan untuk media belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Biologi > Perkembangan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193061 MUHAMMAD YAZID BASTOMI
Date Deposited: 17 Nov 2025 02:41
Last Modified: 17 Nov 2025 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64076

Actions (login required)

View Item View Item