NADZIROTUL HENDRA MAYZURA, 126204213202 and SUTOPO, 197805092008011012 (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE PADA TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENGOPTIMALKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTsN 5 KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (61kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (195kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Pada Teorema Pythagoras untuk Mengoptimalkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa MTsN 5 Kediri” yang ditulis oleh Nadzirotul Hendra Mayzura, NIM. 126204213202 dan dibimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Puzzle, Teorema Pythagoras, Kreativitas dan Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar matematika sehingga mempengaruhi kreativitas dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan metode yang digunakan saat pembelajaran seringkali monoton akibatnya siswa menjadi kurang tertarik dan kurang termotivasi untuk belajar matematika, sehingga peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran 3 dimensi yang dapat memotivasi siswa belajar. Dengan adanya media pembelajaran ini siswa mendapatkan metode/gaya belajar berbeda juga dapat melatih cara berpikir siswa untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran puzzle pythagoras untuk mengoptimalkan kreativitas dan motivasi belajar siswa MTsN 5 Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Kediri. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Analisis data dengan mengubah data kualitatif ke data kuantatif, penilaian rata-rata keseluruhan, menginterprestasikan secara kualitatif nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Proses pengembangan media pembelajaran puzzle pythagoras sesuai dengan model ADDIE. 2) Tingkat kevalidan media pembelajaran puzzle pythagoras menunjukkan angka 87,27% dengan kategori “sangat valid” 3) Tingkat kepraktisan media pembelajaran puzzle pythagoras menunjukkan kategori “sangat praktis” dengan presentase 96%. 4) Media pembelajaran menggunakan puzzle pythagoras efektif untuk mengoptimalkan kreativitas dan motivasi belajar siswa MTsN 5 Kediri, dengan hasil angket yang menunjukkan “sangat efektif” pada rata-rata hasil tes adalah 86,67.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
| Depositing User: | 126204213202 NADZIROTUL HENDRA MAYZURA |
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 03:19 |
| Last Modified: | 18 Nov 2025 03:19 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
