SONY EKO ADISAPUTRO, 12950121050 (2025) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MTs PK Sunan Ampel Patianrowo dan SMP Islam Al Fattah Tanjunganom Kabupaten Nganjuk). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (621kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (66kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (671kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Disertasi dengan judul “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan Peserta Didik (Studi Multi Situs di MTs PK Sunan Ampel Patianrowo dan SMP Islam Al Fattah Tanjunganom Kabupaten Nganjuk)” ditulis oleh Sony Eko Adisaputro dengan promotor Prof. Dr. H. Ahkyak, M.Ag dan Prof Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag Kata kunci: Manajemen Kurikulum, Koterampilan Kewirausahaan Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Esensi pendidikan adalah menyiapkan peserta didik agar mampu mewujudkan potensi yang dimiliki dan memanfaatkan dalam kehidupan di masa yang akan datang. Pendidikan merupakan wahana bagi generasi muda untuk mendapatkan kecakapan hidup (life Skill) dengan harapan peserta didik dapat memasuki kehidupan masyarakatPendidikan mempunyai peran yang sangat menentukan tidak hanya bagi perkembangan dan pertumbuhan individu, tetapi juga bagi pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan adalah pendidikan yang bermutu yaitu pendidikan yang mampu menghadapi dan memecahkan problem kehidupan yang dihadapi. Pemikiran itu semakin terasa ketika seseorang akan memasuki dunia kerja dan kehidupan di masyarakat sebab peserta didik dituntut untuk mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah serta mampu menghadapi problem kehidupan sehari-hari. Akan tetapi hasil pendidikan itu dikatakan baik atau buruknya pendidikan ditentukan oleh kurikulum, apakah mampu membangun kesadaran kritis terhadap peserta didik ataukah tidak. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari beberapa pertanyaan mendasar. (1) Bagaimana desain kurikulum dalam dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik di MTs PK Sunan Ampel dan SMP Islam Al Fattah? (2) Bagaimana implementasi kurikulum dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik di MTs PK Sunan Ampel dan SMP Islam Al Fattah? (3) Bagaimana evaluasi kurikulum dalam dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik di MTs PK Sunan Ampel dan SMP Islam Al Fattah? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan rancangan multi situs. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Myles Huberman dari kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Data dianalisis dari data kasus tunggal dan lintas kasus. Uji keabsahan data melalui kridibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukan 1) Desain kurikulum dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik yang ada di MTs PK Sunan Ampel dan SMP Islam Al fatah ini berawal dari kebijakan Yayasan yang memberikan program keterampilan pada peserta didik yang kemudian di masukan kedlam visi misi Lembaga Pendidikan dan mengacu pada perencanaan kurikulum 2013, kemudian diperkuat dengan adanya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 184 Tahun 2019 tentang pedoman Implemenntasi Kurikulum Pada Madrasah dan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kepmendikbud ristek) No. 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Yang kemudian di tuangkan kedalam rencana kerja madrasah/sekolah (RKM/RKS). 2) Implementasi kurikulum dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik terdapat beberapa perbedaan yaitu. MTs PK sunan ampel implementasi kurikulum keterampilan kewirausahaan berupa program keterampilan kewirausahaan meliputi : Agrobisnis Tanaman Pangan dan holtikultural (ATPH), Seni Kriya dan Industri Kreatif (SKIK), Teknik Pengelasan, Galvalum dan Meubelair (TPGM), Desain Grafis dan Multimedia (DGM), Manajemen dan Tata Boga (MTB), Desain Fashion dan Manajemen Bisnis (DFMB), Manajemen Bisnis dan Pemasaran (MBP), Teknik Arsitektur Kontruksi dan Bangunan (TAKB), dalam pelaksannan kurikulum mengacu pada permendikbud 22 Tahun 2016 tentang standar proses, sedangkan program keterampilan tersebut hanya dikasih 2 jam per minggu kemudian apabila masih kurang dilaksanakan di dalam pondok pesantren. 3) Evaluasi kurikulum dalam Meningkatkan Keterampilan Kewirausahaan peserta didik bahwa evaluasi yang dilakukan di dua Lembaga tersebut dengan menggunakan evaluasi kontek, evaluasi dokumen, evaluasi proses dan evaluasi hasil. dalam evaluasi pembelajaran menggunakan dua bentuk yaitu sumatif dan formatif, Evaluasi menggunakan standar penilaian yaitu dengan kreteria ketuntatasan minimum (KKM), dengan melalui ulangan harian, ujian semester, ujian praktik, serta melakukan evaluasi terhadap guru dengan cara monitoring dan Penilaian Kinerja Guru (PKG).
| Item Type: | Disertasi |
|---|---|
| Subjects: | Ekonomi > Entrepreneur Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim |
| Depositing User: | 12950121050 SONY EKO ADISAPUTRO |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 08:32 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 08:32 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
