KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

MOHAMAD FARHAN ANGGRIAWAN, 126204211050 and DEWI ASMARANI, 197704122009122001 (2025) KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (797kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa dalam Memecahkan Masalah Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Mohamad Farhan Anggriawan, NIM. 126204211050, dengan pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Komputasi, Pemecahan Masalah, Self Efficacy, SPLTV Kemampuan berpikir komputasi merupakan kemampuan untuk menganalisis pola, mengubah informasi menjadi bentuk yang sederhana, membuat langkah-langkah penyelesaian, dan menentukan solusi berupa kesimpulan. Dalam proses kemampuan berpikir komputasi dalam memecahkan masalah, siswa menemukan beberapa kendala yang dihadapi, salah satu faktornya yaitu keinginan dan motivasi. Tingkat keinginan dan motivasi dapat memengaruhi siswa dalam memahami serta menyelesaikan materi atau tugas. Tingkat keinginan dan motivasi dipengaruhi oleh self efficacy siswa. Self efficacy merupakan keyakinan yang dirasakan seseorang akan suatu kemampuan untuk merancang dan menyelesaikan tindakan yang diperlukan guna mengantisipasi dan mengatasi situasi yang akan datang. Self efficacy terbagi menjadi dua kategori yaitu self efficacy tinggi dan self efficacy rendah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa dengan self efficacy tinggi dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas XI SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasi siswa dengan self efficacy rendah dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas XI SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas XI-4 SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung yang diambil sejumlah empat siswa yang terdiri dari dua siswa dengan self efficacy tinggi dan dua siswa dengan self efficacy rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Siswa dengan self efficacy tinggi mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir komputasi siswa yaitu dekomposisi, abstraksi, algoritmik, dan debugging. 2) Siswa dengan self efficacy rendah mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir komputasi siswa yaitu dekomposisi, abstraksi, algoritmik, dan debugging.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204211050 MOHAMAD FARHAN ANGGRIAWAN
Date Deposited: 24 Dec 2025 02:45
Last Modified: 24 Dec 2025 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64493

Actions (login required)

View Item View Item