MANAJEMEN PENDIDIKAN ADAB DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI (Studi Multikasus di Pondok Pesantren (PP) Darul Falah Ponorogo dan Pondok Pesantren Tahfiz al Qur’an (PPTQ) Ahmad Dahlan Ponorogo)

BAMBANG WAHRUDIN, 1890501220017 and IMAM FU'ADI, 196903311994031002 and KOJIN, 196911011998031002 (2025) MANAJEMEN PENDIDIKAN ADAB DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI (Studi Multikasus di Pondok Pesantren (PP) Darul Falah Ponorogo dan Pondok Pesantren Tahfiz al Qur’an (PPTQ) Ahmad Dahlan Ponorogo). [ Disertasi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB)

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul “Manajemen Pendidikan Adab dalam Membentuk Karakter Islami (Studi Multikasus di Pondok Pesantren (PP) Darul Falah Ponorogo dan Pondok Pesantren Tahfiz Al Qur’an (PPTQ) Ahmad Dahlan Ponorogo)” ini ditulis oleh Bambang Wahrudin dengan promotor Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M. Ag., dan Prof.Dr. H. Kojin, M.A. Kata Kunci: Manajemen Pendidikan, Adab, Karakter Islami Konteks penelitian dalam penulisan disertasi ini di dasari oleh pentingnya adab bagi kehidupan manusia, terlebih di era modern ini muncul fenomena hilangnya adab (the loss adab) dalam kehidupan manusia. Pendidikan adab merupakan merupakan salah satu usaha manusia untuk membangun peradaban yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam. Oleh karena itu, lembaga pendidikan Islam berperan penting dalam menjalankan program pendidikan adab sebagai upaya menanggulangi bencana hilangnya adab. Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang konsisten dalam melaksanakan pendidikan adab sebagai salah satu upaya pembentukan karakter Islami. Penelitian ini dilakukan karena ingin menjawab beberapa pertanyaan penelitian; 1) desain manajemen pendidikan adab dalam membentuk karakter Islami, 2) implementasi manajemen pendidikan adab dalam membentuk karakter Islami, dan 3) keberlanjutan manajemen pendidikan adab dalam membentuk karakter Islami (studi multikasus di pondok pesantren (PP) Darul Falah Ponorogo dan pondok pesantren Tahfiz al Qur’an (PPTQ) Ahmad Dahlan Ponorogo). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologis deskriptif. Adapun proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan metode derajat kepercayaan (credibility) meliputi menambah masa observasi, diskusi dari hasil temuan data dengan teman sejawat (peer debriefing), triangulasi dan member check, keteralihan (transferability) meliputi kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Analisis data pada penelitian ini dilakukan melalui tahap kondensasi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi atau penarikan kesimpulan dari kasus tunggal dan lintas kasus yang ada di PP Darul Falah Ponorogo dan PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo. Temuan dan hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) desain manajemen pendidikan adab dilakukan melalui program dan kegiatan rapat kerja tahunan, pemetaan potensi, bakat dan minat calon santri, pembagian Tupoksi SDM, membuat komitmen pihak-pihak yang terkait, menyusunan program dan kegiatan pembelajaran serta pembiasaaan, dan merumuskan model monitoring dan evaluasi (monev), 2) Implementasi manajemen pendidikan adab dalam membentuk karakter Islami dilakukan melalui pelaksanaan program dan kegiatan observasi santri dan wali santri, menyiapkan sarana pendidikan adab, menetapkan pelaksana pendidikan adab (job description), implementasi pendidikan adab secara holistik-integratif meliputi pendidikah keimanan (i’tiqaddiyah), pembelajaran dan praktek adab (huluqqiyah), serta pembiasaan dan pengamalan adab (amaliyah) ditunjang dengan adanya monitoring dan evaluasi yang sistematis, dan 3) keberlanjutan pendidikan adab yang dilaksanakan secara holistik-integratif mampu membentuk karakter islami dalam kehidupan sehari-hari meliputi perilaku religius, sopan dan santun, disiplin, mandiri, sabar, jujur, dan terampil baik ketika santri berada di pondok pesantren maupun ketika berada di lingkungan masyarakat. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah manajemen pendidikan adab dalam membentuk karakter Islami yang ada di PP Darul Falah Ponorogo dan PPTQ Ahmad Dahlan Ponorogo merupakan pengembangan dari teori yang dikemukakan oleh Ibnu Miskawaih tentang pembentukan karakter manusia bahwa pembentukan karakter Islami dilakukan melalui pendidikan adab yang holistik-integratif meliputi pendidikan keimanan (i’tiqaddiyah), pembelajaran dan praktek adab (huluqqiyah), serta pembiasaan dan pengamalan adab (amaliyah).

Item Type: Disertasi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Kategori Pustaka > Agama > Non Muslim
Depositing User: 1890501220017 BAMBANG WAHRUDIN
Date Deposited: 16 Dec 2025 04:34
Last Modified: 16 Dec 2025 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64682

Actions (login required)

View Item View Item