PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM DI MAN 1 BLITAR

A. FAIQUN NUHA, 12208193040 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat, keefektifan proses pembelajaran dapat ditingkatkan apabila guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat sehingga meningkatkan minat peserta didik dan peserta didik dapat termotivasi untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti menggunakan model pembelajaran STAD untuk mengetahui pengaruh suatu model pembelajaran terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap aktivitas belajar materi ekosistem di MAN 1 Blitar. 2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di MAN 1 Blitar. 3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di MAN 1 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian yang digunakan ada 2 yaitu: model pembelajaran STAD (variabel bebas) serta aktivitas belajar dan hasil belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X di MAN 1 Blitar dengan jumlah 400 peserta didik dan sampel yang digunakan adalah kelas X.K dengan jumlah 26 peserta didik serta kelas X.L dengan jumlah 25 peserta didik. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes (pretest dan posttest), observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap aktivitas belajar hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) yang berarti menolak H0 menurut uji mann whitney u test. 2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar hal ini dikarenakan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 (< 0,05) yang artinya H0 ditolak menurut uji mann whitney u test. 3) Aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem kelas X di MAN 1 Blitar dipengaruhi secara signifikan oleh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions). Karena uji kruskal - wallis menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), dengan demikian H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Ekosistem
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193040 A. FAIQUN NUHA
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:32
Last Modified: 09 Dec 2025 01:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64762

Actions (login required)

View Item View Item