PRITA PUTRI PRISTAWATI, 126207211029 and HAFIDZ ROSYIDIANA, 198904292020121008 (2025) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (701kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sarana dan Prasarana Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar” ini ditulis oleh Prita Putri Pristawati, NIM 126207211029, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Pendidikan, Sarana Prasarana, Madrasah, Mutu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sarana dan prasarana sebagai komponen utama yang tidak terpisahkan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, di mana keberadaannya memberikan kontribusi langsung maupun tidak langsung terhadap kelancaran, efektivitas, dan efisiensi proses pembelajaran di lingkungan sekolah. Dalam konteks pendidikan formal, pengelolaan sarana dan prasarana yang baik dan terencana merupakan bagian integral dari manajemen pendidikan yang harus mendapat perhatian khusus dari pihak madrasah Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar? (2) Bagaimana pengorganisasian sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar? (3) Bagaimana pelaksanaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar? (4) Bagaimana evaluasi sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data dan Kesimpulan/verifikasi. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan pengamatan, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MAN 3 Blitar dilaksanakan secara terencana, terorganisasi, dan berkelanjutan. (1) Pada aspek perencanaan, madrasah menyusun RKAM berdasarkan analisis kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang dengan melibatkan berbagai pihak serta memanfaatkan sumber dana dari BOS, DIPA, komite sekolah, dan masyarakat. (2) Pengorganisasian dilakukan melalui pembentukan tim sarana dan prasarana yang memiliki struktur jelas di bawah koordinasi wakil kepala madrasah. (3) Pelaksanaan manajemen mencakup pengadaan, inventarisasian, perawatan dan pemeliharaan fasilitas sesuai SOP agar tetap layak pakai. (4) Evaluasi dilakukan secara berkala melalui rapat internal yang membahas kondisi aset, efektivitas penggunaan, dan tindak lanjut seperti perbaikan atau penghapusan barang.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan > Fasilitas Belajar Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Manajemen > Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
| Depositing User: | 126207211029 PRITA PUTRI PRISTAWATI |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 03:50 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 03:50 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/64927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
