KAMISHIBAI SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA BERCERITA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALKHODIJAH SERUT BOYOLANGU TULUNGAGUNG

NANA FITRI ANINGTYAS, 126206212040 and ERRIFA SUSILO, 198305122023212026 (2025) KAMISHIBAI SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA BERCERITA UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ALKHODIJAH SERUT BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
DAFTAR ISI. pdf.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci : Kamishibai, Bercerita, Bahasa Ekspresif, Anak Usia Dini. Bahasa menjadi suatu hal yang penting dalam kehidupan manusia untuk berkomunikasi. Dalam pendidikan biasa distimulasi dengan bercerita untuk perkembangan bahasa ekspresif anak usia dini. Di masa sekarang, pada realitanya mendidik anak sering mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dengan bercerita. Hal ini menyebabkan anak kurang tercapainya tujuan pembelajaran ini. Untuk itu, peneliti membuat Kamishibai sebagai pengembangan media bercerita untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun. Masalah penelitian ini (1) bagaimana pengembangan kamishibai sebagai media bercerita untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Al Khodijah Serut Boyolangu Tulungagung, (2) bagaimana efektifitas kamishibai sebagai media bercerita untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Al Khodijah Serut Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan “Research and Development“ (RND), para peneliti menggunakan semacam model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari tahapan, analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Validasi dilakukan oleh para ahli. Uji coba dilakukan sebanyak empat kali, yaitu uji coba skala besar. Metode yang dilakukan penelitian adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara dan kuesioner atau angket. Jumlah siswa yang digunakan peneliti di TK Al Khodijah Serut Boyolangu Tulungagung ini 18 anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian kamishibai dalam serangkaian validasi dinyatakan sangat valid. Validasi media memperoleh nilai 88% kategori sangat valid. Validasi materi memperoleh nilai 87% kategori sangat valid. Dalam pre test memperoleh nilai 69,22% dan post test memperoleh nilai 92,27%. Dari hasil pre-test dan post test diuji keefektifan memperoleh mendapatkan nilai N-Gain score 0,7613 masuk dalam kategori efektifitas tinggi dan dalam N-Gain persen presentase 76.127% maka dapat dikategorikan efektif. Dari hasil berikut kamishibai sebagai pengembangan media bercerita untuk menstimulasi kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun dikatakan efektif untuk digunakan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206212040 NANA FITRI ANINGTYAS
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:42
Last Modified: 22 Dec 2025 03:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65125

Actions (login required)

View Item View Item