ARINA MANASIKANA, 1860208225117 and ENI SETYOWATI, 197605062006042002 (2025) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM MATERI SISTEM KOORDINASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS XI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (371kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (226kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (569kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (239kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Petunjuk Praktikum Materi Sistem Koordinasi untuk Meningkatkan Keterampiran Proses Siswa Kelas XI MAN 1 Blitar” ini ditulis oleh Arina Manasikana, NIM 1860208225117, Program Studi Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., M.M. Kata Kunci : Sistem Koordinasi, Petunjuk Praktikum, Keterampilan Proses Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan proses siswa dalam melaksanakan kegiatan praktikum berlangsung yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor eksternal seperti lingkungan belajar yang kurang mendukung, panduan yang tidak terstruktur, dan terbatasnya sumber belajar interaktif dapat menurunkan motivasi serta keterlibatan siswa dalam pembelajaran praktik.Faktor internal meliputi kemampuan kognitif yang beragam dan karakter siswa yang pasif atau kurang percaya diri, yang turut menghambat pemahaman materi sistem koordinasi dan partisipasi aktif dalam kegiatan ilmiah. Dengan demikian perlu inovasi baru dalam kegiatan praktikum untuk mendorong siswa meningkatkan keterampilan proses. Pengembangan petunjuk praktikum dapat mengoptimalkan keterlibatan aktif siswa secara keterampilan proses siswa khususnya dalam memahami materi sistem koordinasi sebagai materi yang bersifat abstrak dan kompleks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan hasil kevalidan petunjuk praktikum sistem koordinasi kelas XI MAN 1 Blitar, 2) Mendeskripsikan hasil kepraktisan petunjuk praktikum sistem koordinasi kelas XI MAN 1 Blitar, 3) Menganalisis hasil keefektifan petunjuk praaktikum sistem koordinasi untuk meningkatkan keterampilan proses siswa kelas XI MAN 1 Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 1 Blitar. Pada penelitian ini implementasi produk dilakukan menggunakan bentuk desain Quasi Pasttest Only yang dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, angket dan observasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal yaitu 1) Berdasarkan uji validasi, produk ini dinilai sangat layak oleh ahli materi dengan skor sebesar 86%, dinilai layak oleh ahli media dengan skor 81%, dan kembali dinyatakan sangat layak oleh praktisi lapangan dengan skor 87%. 2) Dari segi kepraktisan, hasil tanggapan siswa menunjukkan bahwa petunjuk praktikum ini sangat praktis digunakan, dengan nilai kepraktisan mencapai 85%. 3) Untuk mengetahui efektivitasnya petunjuk praktikum dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan proses dan terdapat hasil pembelajaran, di mana nilai rata-rata kelas eksperimen (74) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (62). Analisis statistik menggunakan IBM SPSS 26 dengan uji Independent Sample T-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan buku petunjuk praktikum sistem koordinasi berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan proses siswa kelas XI di MAN 1 Blitar.
| Item Type: | Skripsi |
|---|---|
| Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
| Depositing User: | 1860208225117 ARINA MANASIKANA |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 02:07 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 02:07 |
| URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/65174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
